Satgas: 47,90 persen lansia di Bangka sudah divaksin COVID-19

Satgas: 47,90 persen lansia di Bangka sudah divaksin COVID-19

Layanan vaksinasi di Bangka. ANTARA/Kasmono.

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 47,90 persen atau 11.011 warga usia lanjut usia (lansia) dari 22.988 sasaran sudah divaksin tahap pertama.

"Belasan ribu warga lanjut usia yang sudah divaksin tahap pertama tersebut tersebar di delapan kecamatan atau di 62 desa," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Kamis.

Untuk vaksin kedua pada kelompok warga tersebut Boy Yandra mengakui, baru mencapai 37,25 persen atau 8.563 orang dari jumlah sasaran yang sama vaksin pertama.

"Layanan vaksin pada kelompok usia lanjut berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya terutama penggunaan jenis vaksinnya karena mempertimbangkan efek samping setelah disuntik vaksin," jelasnya.

Selain jenis vaksin yang ditentukan, kata dia, kondisi kesehatan warga lanjut usia juga menjadi pertimbangan seperti yang mengalami gangguan darah tinggi ataupun jenis penyakit lain yang tidak memungkinkan untuk divaksin.

Baca juga: Satgas catat kesembuhan pasien COVID-19 di Bangka capai 99,57 persen
Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 51,3 persen


Dia mengatakan, persentase kumulatif layanan vaksin semua kelompok usia wajib vaksin seperti SDM kesehatan, petugas publik, masyarakat umum dan rentan, kelompok remaja, ibu hamil, distabilitas serta orang dengan gangguan jiwa tercatat vaksin pertama sebesar 51,50 persen dan vaksin kedua 31,60 persen dari total 255.161 sasaran.

"Pemerintah daerah didukung TNI dan Polri serta partai politik, organisasi kemasyarakatan terus memaksimalkan layanan vaksinasi secara masif setiap hari guna mencapai target minimal 70 persen sasaran hingga akhir 2021," ujar Boy Yandra.

Dia optimis target sasaran vaksin tersebut dapat terealisasi mengingat layanan vaksin terus digencarkan setiap harinya bahkan dibuka pula layanan gerai vaksin wisata hari libur di sejumlah tempat wisata.

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Bangka tercatat 189 orang
Baca juga: Satgas: Kasus kematian akibat COVID-19 Bangka tertinggi di Babel
Baca juga: Sebaran kasus COVID-19 Bangka melandai


 
Pewarta : Kasmono
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021