Facebook didesak hentikan proyek mata uang kripto

Facebook didesak hentikan proyek mata uang kripto

Ilustrasi - Logo Facebook yang dicetak 3D terlihat di atas keyboard yang diambil Rabu (25/3/2020). ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.

Jakarta (ANTARA) - Sekelompok senator Amerika Serikat meminta Facebook Inc menghentikan proyek percobaan mata uang kripto dengan alasan platform tersebut tidak bisa dipercaya untuk mengurus mata uang kripto.

Senator dari Partai Demokrat Brian Schatz, Sherrod Brown, Richard Blumenthal, Elizabeth Warren dan Tina Smith mengirim surat kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg, menyatakan tidak setuju atas proyek mata uang kripto dan Facebook yang baru diluncurkan, bernama Novi.

"Facebook sekali lagi merencanakan proyek mata uang digital dengan linimasa yang agresif dan sudah meluncurkan percobaan jaringan infrastruktur pembayaran, meski pun rencana ini tidak sesuai dengan aturan finansial terkini," kata mereka, dikutip dari Reuters pada Rabu.

Dalam surat tersebut, para senator menyatakan "Facebook tidak bisa dipercaya untuk mengurus sistem pembayaran atau mata uang digital ketika kemampuan manajemen risiko dan menjaga keamanan konsumen mereka terbukti tidak memadai," kata mereka.

Juru bicara Novi menyatakan akan menjawab surat tersebut.

Facebook pada 2019 lalu mengumumkan rencana proyek mata uang kripto, namun, dengan segera ditentang legislator di berbagai negara.

Facebook dianggap akan mengganggu sistem keuangan, memicu aksi kriminal dan membahayakan privasi pengguna.

Proyek mata uang kripto ini diperbarui pada Desember lalu supaya bisa mendapat persetujuan dari regulator.

Baca juga: Mata uang kripto Facebook Libra ganti nama jadi Diem

Baca juga: Mata uang kripto Facebook Libra bakal diluncurkan awal tahun depan

Baca juga: Tokocrypto rilis token SRM percepat pertumbuhan "crypto-economics"
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021