Samarinda (ANTARA) - Tiga wilayah di Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kota Samarinda, Kota Balikpapan serta Kabupaten Kutai Timur menerima tropi Program Kampung Iklim (Proklim) nasional tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI), di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa.

"Penghargaan ini, sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah untuk menjalankan sepenuhnya pembangunan rendah karbon dan pembangunan hijau serta mendukung sepenuhnya target menciptakan 20.000 Kampung Iklim pada tahun 2030," kata Kepala DLH Kaltim H EA Rafiddin Rizal dalam keterangan yang di terima di Samarinda, Selasa.

Rizal hadir dalam acara tersebut mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor untuk menerima penghargaan pembinaan ProKlim oleh Pemprov Kaltim yang ditandatangani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Siti Nurbaya Bakar.

Dia menjelaskan tropi Proklim diberikan kepada tiga desa/dusun dan kelurahan di wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan serta Kabupaten Kutai Timur.

Baca juga: Proklim berkontribusi turunkan emisi 761.445,1 ton CO2e

Baca juga: Elemen adaptasi perubahan iklim jadi pembeda NDC Indonesia


"Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis dan ditayangkan secara virtual oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim mewakili menteri," ujarnya.

Kegiatan bertema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Pemprov Kaltim melalui DLH mengapresiasi dan sangat bangga atas kerja keras tiga peraih tropi dalam membina calon Kampung Iklim.

Apresiasi juga diberikan bagi pemerintah kabupaten/kota dan mitra pendukung hingga mengantarkan meraih penghargaan tingkat nasional sebagai peraih Tropi Proklim Tahun 2021.

Rizal menyebutkan sembilan lokasi yang diajukan sebagai calon penerima tropi Kampung Iklim, di antaranya Dusun II Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Kutim), yang baru saja dikunjungi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, serta Kelurahan Mugi Rejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, terdapat dua lokasi yang diajukan dan seluruhnya mendapatkan penghargaan.

"Penghargaan yang diterima Provinsi Kaltim merupakan kali pertama," ujarnya.*

Baca juga: Jawa Tengah borong penghargaan Proklim 2021 dari KLHK

Baca juga: Warga RW 5 Cibubur raih tropi utama lomba kampung iklim Nasional 2021

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021