Jakarta (ANTARA) - BNI menyelenggarakan rangkaian virtual turnamen golf Xpora Virtual Golf Tour by BNI sebagai komitmen untuk memajukan golf sebagai ekosistem pariwisata berbasis olahraga di tengah pandemi COVID-19.

“Sebagai The First and Biggest Digital Golf Tournament ini salah satu upaya inovatif dalam olahraga golf dan satu-satunya virtual golf yang mengadakan world handicap system di Indonesia,” ujar Pelaksana Virtual Golf Tour Koko Arto dalam keterangan resmi yang diterima di Jkarta, Kamis.

Koko mengatakan Virtual Golf Tour yang dilaksanakan 13 Oktober-29 November dihelat demi mewadahi para pegolf profesional dan amatir untuk menyalurkan kemampuan dan hobi, serta diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi informal antara para peminat dan pelaku industri olahraga golf, sehingga terjalin komunikasi yang baik untuk bersama-sama memajukan industri olahraga golf.

“Turnamen ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari turnamen golf yang ada, bekerja sama dengan AYOGOLF, kami telah secara khusus menyiapkan aplikasi yang akan digunakan sebagai sarana dalam pelaksanaan turnamen ini,” kata Koko.

Ia menjelaskan peserta dapat melakukan kualifikasi kapan saja di lapangan yang telah ditunjuk oleh panitia dengan cara memasukan e-scorecard melalui aplikasi tersebut. Penentuan peringkat peserta yang dapat lolos ke babak final akan diperhitungkan dari hasil skor yang telah dicatatkan melalui aplikasi. Virtual Golf Tour ini sedikitnya diikuti 1500 golfer dari berbagai kalangan.

“Keterlibatan dan sinergi dukungan Xpora BNI memang mutlak diperlukan untuk membangun industri olahraga nasional. Diharapkan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses dengan dukungan semua pihak untuk mencapai tujuan bersama, yaitu membangun kembali pariwisata dan perekonomian Indonesia sekaligus pengembangan Sport Tourism,” jelasnya.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan nama Xpora yang disematkan pada nama event merupakan penyebutan dari nama program yang dikembangkan BNI untuk memberikan solusi digital bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat mengembangkan bisnisnya sehingga lebih menguntungkan. Salah satu fokus Xpora adalah mempermudah ekspor produk UKM ke pasar global.

“Oleh karena itu, semangat yang diusung Xpora selaras dengan tujuan Virtual Golf Tour sebagai event di industri olahraga dan pariwisata yang juga menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Atas dasar itu pula, kami turut mendukung perhelatan olahraga ini,” ujarnya.

Penyelenggaraan Virtual Golf Tour akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar perekonomian masyarakat dapat kembali bergeliat. Penggabungan pariwisata dan olahraga tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam dalam mendorong sport tourism.

Turnamen tersebut terbuka bagi semua golfer dengan tingkat kemahiran yang beragam, karena kategori kejuaraannya akan disesuaikan dengan membagi kelompok divisi sesuai handicap dari masing-masing peserta.

Baca juga: Mengantarkan UMKM ke pasar global lewat Xpora

Baca juga: BNI dukung pengembangan UMKM Maluku, akselerasi pemulihan ekonomi


 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021