Kita sudah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, termasuk konsep karantina wilayah di Batam dan Bintan
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meminta Pemerintah Singapura melalui Wakil Menteri Bidang Luar Negeri dan Pendidikan Singapura Mohammad Maliki Bin Oesman agar membuka akses masuk masyarakat Singapura ke wilayah tersebut.

Menurut gubernur di Tanjungpinang, Kamis, hal itu penting untuk menjadi perhatian Pemerintah Singapura sebagai negara yang berdekatan langsung dengan Indonesia, khususnya Kepri. Apalagi selama ini hubungan kerjasama antara kedua negara kedua juga sudah berjalan baik, terutama dalam dunia pariwisata.

Permintaan Gubernur ini berkaitan erat dengan rencana program travel bubble di wilayah Kepri, terutama untuk objek wisata Lagoi di Kabupaten Bintan dan Nongsa Marina di Kota Batam.

"Presiden RI kembali membuka travel bubble untuk Kepri dan Bali. Kita sudah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, termasuk konsep karantina wilayah di Batam dan Bintan," kata Gubernur dalam komunikasinya melalui video conference dengan Mohammad Maliki Bin Oesman.


Baca juga: Kepri berencana buka Lagoi dan Batam bagi turis Singapura pada Oktober


Gubernur berharap kepada Maliki agar Indonesia dapat menjadi pembahasan Pemerintah Singapura terkait travel bubble atau kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya ke Kepri.

Ansar juga memastikan kondisi COVID-19 di daerah ini sudah mulai membaik, di mana capaian asesmen yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan RI per 13 Oktober 2021 bahwa angka positive rate di Kepri telah mencapai 0,3 persen, BOR 3.01 persen, konfirmasi kasus harian juga sudah di angka satu digit.

Selain itu, tracing rata-rata 20 orang dari satu orang yang terkonfirmasi postif COVID-19.

"Saat ini Kepri juga sudah berada di PPKM Level 1 berdasarkan assesment levelisasi. Saya rasa semua syarat yang dibutuhkan untuk Kepri sudah terpenuhi, dan kita sudah sangat siap untuk untuk menerima wisman," papar Gubernur.


Baca juga: Singapura belum izinkan warganya berlibur ke Lagoi Kepri

Politisi Golkar itu juga berterima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Singapura berupa dosis vaksin Astrazeneca yang cukup membantu mempercepat pencapaian target vaksinasi di Kepri.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Singapura Maliki Bin Oesman mengapresiasi atas capaian penanganan COVID-19 di Kepri yang penurunannya sangat signifikan dan membaik.

Menurutnya untuk membuka akses wisman antara Indonesia dan Singapura, khususnya wilayah Kepri akan dibahas kembali di internal Pemerintah Singapura.

"Kementerian Kesehatan dan Pariwisata Singapura juga menindaklanjuti dengan mengecek data-data perkembangan COVID-19 di Indonesia, khususnya Kepri," ucapnya.


Baca juga: Kemenparekraf upayakan buka wisata Bintan dengan gelembung perjalanan

Baca juga: Kawasan wisata di Kepri cocok terapkan "travel bubble" Singapura

 

Pewarta: Ogen
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021