Saya tonton tiga rekaman pertandingan mereka, kemudian tadi malam saya tonton rekaman pertandingan saat kami kalah lawan mereka 4-0 di uji coba
Jayapura (ANTARA) - Pelatih kepala tim sepak bola putra Aceh Fakhri Husaini mengatakan kedisiplinan yang diperlihatkan para pemainnya menjadi salah satu kunci kemenangan yang mereka raih atas Jawa Timur dalam laga semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Menghadapi Jatim yang selalu menyapu bersih kemenangan di lima pertandingan sebelumnya, Aceh sukses menciptakan kejutan dengan mengunci kemenangan 2-1 di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Selasa.

"Saya tonton tiga rekaman pertandingan mereka, kemudian tadi malam saya tonton rekaman pertandingan saat kami kalah lawan mereka 4-0 di uji coba," kata Fakhri selepas laga.

Baca juga: Aceh ke final sepak bola putra PON Papua usai jungkalkan Jatim

"Rasanya sulit untuk mencari kelemahan di tim Jawa Timur ini, mereka punya kedalaman skuat yang bagus, kualitas pemain hebat baik di sayap kanan kiri maupun striker.

"Tapi memang, anak-anak cukup disiplin dalam menjaga, terutama pemain-pemain sayap mereka," ujarnya menambahkan.

Kemenangan Aceh didapat berkat gol apik yang dicetak Akhirul Wadhan disusul sepakan Muzakir memanfaatkan bola muntah, sementara Jatim hanya bisa membalas sekali melalui Dwiki Mardiyanto.

Jatim mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke-83, tetapi top skor mereka Muhamad Faisol Yunus malah mengeksekusi bola terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Fakhri juga memuji kinerja para pemainnya di lini tengah yang disebutnya mampu merespon dengan baik tiap kali Aceh kehilangan bola.

Baca juga: Tuan rumah lolos ke final PON Papua seusai tekuk Kalimantan Timur 5-1

"Mereka cukup agresif, tiap kali hilang bola mereka langsung pressing lawan," katanya.

Pada final nanti Aceh akan menghadapi tuan rumah Papua yang lolos setelah di laga semifinal lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, meraih mencukur Kalimantan Timur 5-1.

Di PON Papua, Aceh sudah pernah bertemu Papua dan kalah tipis 0-1 dari tuan rumah dalam babak enam besar Grup D.

Laga final kali ini tak ubahnya jadi ulangan partai puncak PON 1993 Jakarta, yang kala itu dimenangi oleh Papua.

Baca juga: Semifinal sepak bola PON Papua: Papua terproduktif, Kaltim terefektif
Baca juga: Perjalanan Jawa Timur dan Aceh ke semifinal sepak bola putra PON Papua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021