Kodam XIII/Merdeka akan membangun sistem pertahanan berupa satu unit kodim baru di Kabupaten Banggai Laut.
Manado (ANTARA) - Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti WF Mamahit mengatakan demi meningkatkan keamanan di Kabupaten Banggai Laut (Balut), Kodam XIII/Merdeka rencananya akan membangun satuan baru berupa satu unit komando distrik militer (kodim) di daerah tersebut.

“Kodam XIII/Merdeka akan membangun sistem pertahanan berupa satu unit kodim baru di Kabupaten Banggai Laut,” kata Pangdam saat menerima sertifikat hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Balut, melalui keterangan tertulis, Jumat..

Pangdam juga mengatakan bahwa saat ini rencana pembangunan Kodam XIII/Merdeka tidak hanya meliputi satuan teritorial, melainkan satuan tempur juga akan dibangun, yaitu pembangunan satu unit batalion infanteri yang berlokasi di Kabupaten Morowali dengan kompi jajaran berada di Kabupaten Balut.

"Selain pembangunan kodim baru, Kompi Senapan B Yonif 714/SM akan ditingkatkan menjadi batalion infanteri yang baru dan nantinya kompi jajarannya akan ditempatkan di Kabupaten Balut." katanya pula.

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti WF Mamahit didampingi Asren Pangdam XIII/Merdeka, Aster Kasdam XIII/Merdeka, dan Dandim 1308/LB.
Baca juga: Pangdam XIII/Merdeka: Peringatan HUT TNI momentum wahana evaluasi
Baca juga: Kodam XIII/Merdeka rencanakan rehabilitasi Danau Tondano

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021