Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meluncurkan mobil masker yang membawa 500 ribu lembar untuk dibagikan kepada masyarakat Sulawesi Selatan.

"Jadi ada 500 ribu masker dan nanti ada tambahan lagi 500 ribu untuk TNI/Polri dan akan diserahkan pangdam dan kapolda," kata dia di sela pelepasan mobil masker di depan Gedung Manunggal Jenderal H.M. Yusuf di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan tujuan pemberian masker melalui layanan mobil keliling tersebut untuk mengedukasi dan melakukan sosialisasi tentang pentingnya masyarakat menggunakan masker untuk menjaga diri, sekaligus orang lain dari penularan COVID-19.

Dia mengatakan peluncuran mobil masker juga dilakukan di daerah lain secara serentak.

Baca juga: Relawan Mobil Masker gencar bagikan masker jelang PON Papua 

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat senantiasa memperhatikan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, lanjut dia, mendorong masyarakat menyukseskan program vaksinasi dengan ikut vaksin di lokasi-lokasi pelayanan vaksinasi.

Pada kesempatan itu, Ganip memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulsel karena sudah berhasil menurunkan level pandemi COVID-19 dari level 3 ke 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bahkan, diharapkan bisa turun menjadi level 1.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR TB Ace Hasan Syadzily mengatakan BNPB mitra yang patut diapresiasi tinggi sebagai Satgas Penanganan COVID-19 yang telah bekerja keras bersama TNI/Polri.

"Capaian yang diraih saat ini dengan melandainya kasus COVID-19 karena kerja sama semua pihak, baik untuk penerapan protokol kesehatan maupun program vaksinasi," katanya.

Pada peluncuran mobil masker tersebut dihadiri para pejabat Forkopimda Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Gowa, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam.

Baca juga: BNPB selenggarakan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat Papua
Baca juga: Gerakan Mobil Masker sambangi 10 kecamatan di Pangandaran
Kepala BNPB, Ganip Warsito pada peluncuran mobil masker bersama Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI H TB Ace Hasan Syadzili dan pejabat Forkopimda Sulsel di Makassar, Jumat (8/10/2021). ANTARA / Suriani Mappong/ Hp

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021