Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 tim yang terdiri dari 32 putra dan 18 putri berjuang menjadi yang terbaik pada kompetisi bola basket pelajar terbesar di Tanah Air, Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021 seri Jakarta.

Sesuai dengan jadwal yang diterima media di Jakarta, Jumat, pertandingan berlangsung Gelanggang Remaja Cempaka Putih, Jakarta, 7-23 Oktober. Pertandingan itu digelar dengan protokol kesehatan sesuai Instruksi Mendagri 47/2021.

Pertandingan perdana DBL 2021 seri Jakarta dibuka antara tim SMAN 28 Jakarta berhasil mengalahkan SMAN 70 Jakarta dengan keunggulan 49-30. Sedangkan finalis Honda DBL edisi 2019, SMAN 71 Jakarta unggul telak 61-21 atas SMA IPEKA Tomang.

Kompetisi dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Birokrat berusia 51 tahun itu menyambut gembira, wadah positif bagi pelajar dan anak muda bisa kembali lagi.

“Atas nama pemerintah DKI Jakarta dan segenap warga kota, saya mengucapkan apresiasi yang tinggi untuk penyelenggara liga basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DBL. Terima kasih juga untuk pemerintah pusat yang telah memberikan lampu hijau agar penyelenggaraan Honda DBL dibuka dari Jakarta,” jelas Riza Patria.

Kehadiran kembali kompetisi Honda DBL ini menyemai harapan agar kompetisi olahraga lain juga bisa bangkit kembali di tengah pandemi yang masih berlangsung.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih secara khusus pada Pemprov DKI Jakarta. Sebab, ketika kami ingin memulai Honda DBL, pemerintah pusat merekomendasikan dimulai dulu dari Jakarta. Sebab DKI Jakarta paling siap dari infrastruktur, fasilitas kesehatan, dan vaksinasi yang memang disyaratkan untuk seluruh peserta Honda DBL," kata Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda.

Azrul berharap setelah Seri DKI Jakarta, Honda DBL bisa berlangsung seperti semula, ke seluruh Indonesia. "Bukan hal mudah menggelar kompetisi di tengah pandemi. Tapi kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa menjadi contoh bagi kompetisi cabang olahraga lain agar bisa kembali," katanya menambahkan.

Selain Wakil Gubernur DKI Jakarta, perwakilan pemerintah pusat juga turut serta dalam acara pembukaan Honda DBL 2021 DKI Jakarta Series. Turut hadir sebagai tamu undangan Pramesti Atmirabekti mewakili Kemenko Marves serta Giri Wurjnandaru perwakilan dari Kemenkes RI.

”Kami punya semangat yang sama dengan DBL Indonesia, yakni ingin mewujudkan mimpi anak-anak muda Indonesia di tengah pandemi,” kata Andhika Sabmarin, Brand Activation Department Head Astra Honda Motor (AHM), partner utama Honda DBL.

Baca juga: Putra - Putri Indonesia juri kunci di kejuaraan pelajar Asia
Baca juga: Persiapan singkat, penyebab kegagalan di kejuaraan basket pelajar Asia 2018

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021