Kasus menurun, Dinkes Lampung minta masyarakat tetap waspada COVID-19

Kasus menurun, Dinkes Lampung minta masyarakat tetap waspada COVID-19

Ilustrasi - Warga Kota Bandarlampung mengenakan masker sebagai pelindung diri dari paparan COVID-19. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung meminta masyarakat tetap waspada dalam menghadapi pandemi COVID-19 meski kasus menurun.

"Tren angka kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Lampung memang sudah mulai menurun, tapi kita harus selalu waspada," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara konsisten guna melindungi diri dari paparan COVID-19.

"Protokol kesehatan wajib dilakukan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak, serta mengurangi mobilitas. Sebab kita harus selalu waspada tidak boleh lengah," katanya.

Baca juga: Polda Lampung telah suntikkan 2,42 juta dosis vaksin COVID-19

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 40 orang


Untuk tetap menjaga momentum penurunan kasus COVID-19 pihaknya akan terus penerapan penelusuran kasus, pelaksanaan perawatan, perluasan tes, dan isolasi.

"Kita akan terus lakukan penelusuran kasus, perluasan tes, perawatan, dan isolasi, agar semua terjaga. Mari kita kembali ke zona risiko persebaran hijau dengan taat menerapkan semua aturan," ucapnya.

Menurutnya, guna menjaga tren kasus COVID-19 agar tidak kembali naik, perluasan cakupan vaksinasi akan terus dilakukan.

"Vaksinasi pasti akan diperluas cakupannya. Kalau sudah divaksinasi akan mengurangi gejala bila terpapar COVID-19, seperti seharusnya bergejala berat jadi ringan, yang gejala ringan bisa tidak bergejala," ujarnya pula.

Diketahui saat ini di Provinsi Lampung dari 15 kabupaten dan kota semua telah beralih zona risiko persebaran menjadi kuning atau dapat diartikan berisiko rendah.*

Baca juga: BIN dan Pemkot Bandarlampung kolaborasi percepat vaksinasi COVID-19

Baca juga: Dinkes Lampung catat 35 penambahan kasus harian COVID-19
Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021