Merauke (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meyakini pengendalian penyebaran COVID-19 di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjalan baik.

Ganip mengatakan bahwa dirinya telah melakukan sejumlah peninjauan ke lokasi pertandingan PON XX Papua seperti saat ia mengunjungi arena anggar di Gedung Serbaguna Gereja St Yoseph Merauke.

"Sejauh ini saya lihat protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Saya berharap keinginan Presiden menginginkan sukses prestasi, dan kemajuan Papua dari olahraganya bisa direalisasikan," kata Ganip Warsito dalam keterangan resminya yang diterima di Merauke, Kamis.

Baca juga: Pakar: Perlu gencarkan 3T di Papua untuk cegah penularan COVID-19

Ganip mengatakan pandemi COVID-19 belum hilang namun bisa dicegah dengan penerapan disiplin protokol kesehatan yang dijalankan dan dipatuhi secara benar di seluruh arena PON XX Papua.

"Kami sudah cek, dan luar biasa, dari tempat duduk penonton, ruang ganti atlet, pelatih berikut official sejauh ini mengikuti prokes yang diberikan," ujar Ganip Warsito.

Ganip mengatakan bahwa arahan Presiden Jokowi pada pembukaan PON Papua sangat berarti dalam pengendalian penularan COVID-19 dalam perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Baca juga: Personel Satgas sisir penonton PON Papua di Auditorium Uncen

Selain itu, dia menyebut Para relawan Satgas Prokes BNPB pada PON XX Papua telah menjalankan arahan yang diberikan terkait penerapan protokol kesehatan dengan baik.

Untuk diketahui, BNPB telah mengirimkan sebanyak 430.000 masker yang didistribusikan oleh relawan di venue PON, sekolah, tempat umum dan tempat ibadah di Merauke yang menjadi salah satu kluster tuan rumah PON XX Papua.

"Jajaran kami menyatakan siap melaksanakan seoptimal mungkin apa yang menjadi harapan Presiden agar prokes dijalankan dengan sungguh-sungguh," tutur Ganip.

Baca juga: Dinkes Mimika acu Kemenpora dalam antisipasi COVID-19 di PON Papua

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021