Dengan adanya inovasi Automated Robotic Food Servers ini, kami harap para tamu dapat kembali merasa nyaman dan aman pada saat mendatangi acara pernikahan berskala besar, seperti sebelum pandemi, namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang
Jakarta (ANTARA) - Salah satu perusahaan di bidang industri hotel, PT Hotel Sahid Jaya International mulai menggunakan teknologi Automated Robot Food Server dan sejumlah inovasi ramah energi pada peluncuran Puri Agung Grand Ballroom pascarenovasi pada masa pandemi.

"Dengan adanya inovasi Automated Robotic Food Servers ini, kami harap para tamu dapat kembali merasa nyaman dan aman pada saat mendatangi acara pernikahan berskala besar, seperti sebelum pandemi, namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," kata Dirut PT Hotel Sahid Jaya International Hariyadi B Sukamdani, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan, layanan Automated Robotic Food Servers. Inovasi ini diharapkan bermanfaat antara lain guna memberikan rasa aman dalam berjaga jarak secara fisik.

Selain itu, robot otomatis penyaji makanan tersebut juga dinilai dapat menjaga dan meningkatkan kebersihan bagi para tamu, serta mengurangi potensi makanan berlebih.

Kemudian, masih menurut dia, selain mendatangkan inovasi teknologi yang modern, Puri Agung Grand Ballroom mengedepankan penggunaan energi ramah lingkungan dengan beralih menggunakan sumber pencahayaan LED yang lebih hemat energi dan mengganti sistem pendinginan yang lebih hemat energi melalui retrofit peralatan listrik utama.

"Pembukaan kembali Puri Agung Grand Ballroom merupakan bagian dari fokus Sahid dalam merealisasikan komitmennya untuk tetap tangguh dalam melakukan perbaikan melalui peningkatan kualitas aset yang berkelanjutan. Hal ini merupakan komitmen kami untuk terus membuka jalan menuju Net Zero Carbon Hotel," kata Hariyadi.

Selama beberapa tahun terakhir, lanjutnya, pihaknya telah melakukan transisi ke peralatan inti rendah emisi, meningkatkan kontrol dan pemantauan untuk mengurangi konsumsi sumber daya (air, gas, listrik), mengurangi penggunaan plastik dan menjajaki penggunaan kemasan makanan yang dapat digunakan kembali serta tetap menjaga kehigienisan dan kenyamanan pelayanan.

Menurut Hariyadi, sejumlah inovasi yang ditampilkan setelah Puri Agung Grand Ballroom di Grand Sahid Jaya Jakarta yang telah melalui proses renovasi selama enam bulan itu adalah untuk rasa aman dan kenyamanan tamu.

Renovasi tersebut, lanjutnya, dilakukan guna memahami tantangan masyarakat, khususnya warga Jakarta untuk mengadakan kegiatan berskala besar seperti pernikahan, seminar, pameran di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. "Grand Sahid Jaya Jakarta merenovasi lokasi ballroom dan menyulapnya menjadi ruang modular yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Ia memaparkan, dengan luas 1.600 meter persegi dengan kapasitas tamu hingga 3.000 orang, Puri Agung Grand Ballroom dilengkapi dengan akses khusus, pintu masuk dan lobby yang dapat memudahkan tamu menuju lokasi ballroom.

PT Hotel Sahid Jaya Tbk diketahui memiliki portfolio properti hotel di Jakarta dan Lampung, apartemen di Jakarta, dan operator hotel yang mengelola lebih dari 4000 kamar di seluruh Indonesia.

Baca juga: PHRI: 10.131 hotel dan restoran implementasi aplikasi Peduli Lindungi
Baca juga: Wisata MICE di Batam mulai menggeliat
Baca juga: Hotel di Jakarta Selatan wajibkan anak di bawah 12 tahun tes antigen

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021