Sudin Bina Marga Jakbar setiap hari tangani puluhan laporan PJU padam

Sudin Bina Marga Jakbar setiap hari tangani puluhan laporan PJU padam

Petugas pencahayaan kota di Unit Kerja Teknis (UKT)-2 Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mengganti 50 lampu jalan di sebelas Pulau Permukiman Penduduk di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dengan lampu hemat energi pada Kamis (18/3/2021). ANTARA/ HO-Humas Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat setiap harinya menangani puluhan laporan lampu penerangan jalan umum (PJU)  yang padam berdasarkan informasi masyarakat  bahkan  bisa mencapai 27 laporan untuk setiap kecamatan.

"Setiap hari ada puluhan laporan di setiap kecamatan mulai dari lampu mati hingga mengeluarkan percikan api. Bahkan pernah menerima 27 laporan dari Kecamatan Cengkareng," kata Kepala Seksi (Kasi) Prasarana Sarana Utilitas Kota (PSUK) dan Penerangan Jalanan Umum dan (PJU) Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat Yanuar Ihsan saat dikonfirmasi, Selasa.

Baca juga: Sebagian lampu lalu lintas di Jaktim padam akibat gangguan listrik

Warga apabila menemukan lampu jalan yang padam dapat melaporkan langsung ke posko pengaduan Bina Marga ataupun bisa juga melalui aplikasi Jaki.

Nantinya, laporan tersebut diterima  petugas yang siaga selama 24 jam di Posko Pengaduan Penerangan Jalanan Umum (PJU).

Laporan tersebut langsung ditangani  petugas kuning Sudin Bina Marga yang ada di setiap kecamatan. Mereka langsung mendatangi lokasi sesuai dengan aduan masyarakat.

Baca juga: Selama PSBB, lampu jalanan di Jakarta diredupkan

"Di setiap kecamatan ada 12 petugas yang kita bagi menjadi tiga sif. Mereka langsung terjun untuk menangani aduan warga," kata Yanuar.

Pihaknya akan langsung mengganti lampu yang padam atau rusak tersebut. Namun jika terkendala, penggantian bisa memakan waktu  selama dua hari.

"Penggantian lampu kami usahakan hari itu juga," kata dia.

Yanuar belum bisa memastikan daerah mana saja paling sering mengadukan lampu jalan yang padam. Namun yang pasti jumlah aduan merata di seluruh kecamatan.

Baca juga: Pencuri bermodus matikan lampu listrik terjadi di Kalideres

Yanuar mengimbau seluruh warga untuk tidak segan melapor ke pihaknya jika menemukan lampu jalan yang tidak berfungsi.

Warga bisa melapor lewat aplikasi Jaki atau langsung menghubungi posko pengaduan via PJU Sudin Bina Marga via WhatsApp dengan nomor 081295653202.

Untuk diketahui, pihak Sudin Bina Marga Jakarta Barat memiliki 56.279 lampu jalan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Barat.

Jumlah tersebut terdiri dari 24.096 lampu dengan daya 40 watt, 25.492 lampu dengan daya 90 Watt, 4.446 lampu dengan daya 120 Watt, dan 2.245 lampu dengan daya 200 Watt.

Lampu dengan daya 40 Watt digunakan untuk menerangi jalanan warga, lampu dengan daya 90 Watt untuk menerangi jalan lingkungan, lampu 120 Watt untuk jalan penghubung dan lampu 200 Watt untuk jalan arteri.
 
Pewarta : Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021