Dua partai Jerman jajaki koalisi di pemerintahan baru

Dua partai Jerman jajaki koalisi di pemerintahan baru

Ketua partai liberal Jerman (FDP) Christian Lindner dan pemimpin Partai Hijau Robert Habeck dan Annalena Baerbock menyampaikan keterangan pers di Berlin, Jerman, Jumat (1/10/2021). (ANTARA/Reuters/as)

Berlin (ANTARA) - Dua partai politik Jerman, Partai Demokrat Bebas (FDP) dan Partai Sosial Demokrat (SPD), melakukan pembicaraan untuk berkoalisi dalam pemerintahan yang baru, Minggu.

FDP yang berpotensi menjadi king maker dalam negosiasi itu mengatakan pembicaraan berlangsung konstruktif, namun mereka menghadapi kesulitan untuk bersatu.

Kemenangan tipis SPD pada pemilu kemarin membuatnya tidak mengantongi suara mayoritas.

Pembicaraan tentang pemerintahan koalisi bisa berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Partai-partai kecil seperti FDP dan Partai Hijau dirayu oleh partai-partai besar yang ingin mengamankan suara mayoritas di parlemen.

Jajak-jajak pendapat menunjukkan para pemilih mendukung partai kiri-tengah SPD untuk memimpin pemerintahan koalisi dengan partai FDP yang ramah bisnis dan Partai Hijau.

Namun, FDP dekat dengan kubu konservatif Kanselir Angela Merkel dari Partai Demokrat Kristen (CDU).

“Jelas ada kesulitan,” kata Sekretaris Jenderal FDP Volker Wissing setelah pembicaraan dengan SPD.

“Namun jelas pula bahwa kami bertekad untuk membangun pemerintahan yang berorientasi reformasi yang akan memajukan negara kami,” katanya.

“Kami membutuhkan pemerintahan yang stabil yang akan menyelesaikan hal-hal yang belum dikerjakan,” tambahnya.

Wissing dan Sekretaris Jenderal SPD Lars Klingbeil saling mendukung satu sama lain. Keduanya menggambarkan pembicaraan itu sebagai sesuatu yang konstruktif.

Kandidat kanselir dari kubu konservatif Armin Laschet mengatakan dirinya juga ingin membentuk suatu pemerintahan meskipun bloknya --terdiri dari CDU dan Partai Persatuan Sosial Kristen (CSU)-- mencatat rekor suara terendah dalam pemilihan nasional.

Namun, dukungan Laschet telah dirusak pekan lalu ketika pemimpin CSU Bavaria Markus Soeder mengatakan SPD yang menang tipis dengan suara terbanyaklah yang kemungkinan akan membentuk pemerintahan.

“CDU dan CSU harus mengklarifikasi apakah mereka benar-benar ingin memimpin pemerintahan,” kata Ketua FDP Christian Lindner kepada surat kabar Bild dan Sonntag.

Kubu konservatif dan FDP akan menggelar pembicaraan mendalam pada Minggu. SPD juga akan bertemu Partai Hijau.

Partai Hijau akan lebih menyukai kedua king maker kecil itu bergabung dengan SPD.

Merkel yang berkuasa sejak 2005 berencana untuk mundur dan akan tetap menjabat hingga pemerintahan baru terbentuk.

Sumber: Reuters

Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021