Kemarin, Jokowi resmikan terminal penumpang Mopah hingga Istora Papua

Kemarin, Jokowi resmikan terminal penumpang Mopah hingga Istora Papua

Presiden Joko Widodo (tengah) meresmikan terminal baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Minggu, (3/10/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (3/10) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo meresmikan terminal penumpang di Bandara Mopah, Merauke, hingga Istora Papua Bangkit yang memperoleh tiga rekor MURI.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden Jokowi resmikan terminal penumpang di Bandara Mopah Merauke

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal penumpang seluas 7.200 meter persegi di Bandar Udara Mopah, Merauke, Papua, pada Minggu.

"Bandara Mopah Merauke yang berada di ujung paling timur Indonesia ini terus kita kembangkan. Hari ini sudah selesai pembangunan terminal penumpang yang baru seluas 7.200 meter persegi dengan kapasitas 638 ribu penumpang per tahun," kata Presiden Jokowi di Bandara Mopah, Merauke, Papua.

Baca selengkapnya di sini

2. Kopi Indonesia tembus pasar AS melalui sektor UKM

Sejumlah UKM Indonesia yang bergerak pada usaha kopi menembus akses pasar ke Amerika Serikat melalui ajang Specialty Coffee Expo 2021.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga sekaligus ketua delegasi Indonesia dalam pameran itu, Luhur Pradjarto, mengatakan pelaku UKM kopi difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dalam upaya memperluas akses pasar produk kopi Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

3. KKP bakal mulai bangun kampung budi daya rumput laut pada 2022

Kementerian Kelautan dan Perikanan bakal mulai membangun kampung budidaya rumput laut di Kawasan Timur Indonesia sebagai upaya untuk mengembangkan salah satu komoditas unggulan subsektor perikanan budidaya tersebut.

"Pemerintah melakukan intervensi dengan membangun lahan baru berupa kampung rumput laut yang diproyeksikan akan dibangun mulai tahun depan di Maluku Tenggara dan Sumba Timur," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

4. Kemendag catat pengunjung Paviliun Indonesia capai 6.248 orang

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat jumlah pengunjung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai telah mencapai 6.248 orang hingga hari ketiga gelaran yang berlangsung sejak 1 Oktober itu.

“Ini menunjukkan ada daya tarik sendiri dengan penampilan Paviliun Indonesia ini,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi kepada Antara di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu.

Baca selengkapnya di sini

5. Dibangun PT PP, Istora Papua Bangkit peroleh tiga rekor MURI

Istora Papua Bangkit yang dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk., BUMN konstruksi dan investasi, dan dipergunakan dalam PON XX memperoleh tiga rekor MURI atas keberhasilan menerapkan beberapa inovasi dalam pembangunannya.

"Istora Papua Bangkit yang dibangun oleh PT PP ini mulai dibangun pada November 2018 dan telah selesai pada 2020. Bangunan seluas 7.740 meter persegi ini memiliki kapasitas 3.148 kursi tribun," kata Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk. Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

 
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021