Humaniora kemarin, vaksin booster hingga hujan es

Humaniora kemarin, vaksin booster hingga hujan es

Ilustrasi - Tangkapan layar video warga menunjukan butiran hujan es yang terjadi di Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. ANTARA/dok.Antarabengkulu.com

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (29/9) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, diantaranya cakupan vaksinasi COVID-19 Indonesia hampir tiga kali populasi Malaysia, vaksin booster untuk masyarakat masih menjadi rencana, serta masyarakat Sulawesi Utara perlu mewaspadai hujan es saat pancaroba.

Cakupan vaksinasi COVID-19 Indonesia hampir 3 kali populasi Malaysia

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan cakupan vaksinasi COVID-19 Indonesia dengan dosis pertama hingga saat ini setara hampir tiga kali populasi Malaysia.

"Angka ini sama dengan kita memvaksinasi hampir seluruh populasi Vietnam bahkan kalau diibaratkan kita sudah memvaksinasi hampir tiga kali populasi Malaysia," kata Reisa dalam Siaran Pers PPKM virtual di Jakarta, Rabu.

BMKG harapkan masyarakat Sulut waspadai hujan es saat pancaroba

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle, berharap masyarakat Sulawesi Utara mewaspadai hujan es yang berpotensi terjadi pada saat musim pancaroba.

"Potensi ini (hujan es) bisa terjadi memasuki peralihan ke musim hujan pada bulan Oktober, selain memang ada potensi lainnya yang harus diwaspadai seperti curah hujan ekstrem dan puting beliung," kata Ben di Manado, Rabu.

Kemenkes: Vaksin booster untuk masyarakat masih menjadi rencana

Plt. Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Prima Yoshephine mengatakan skema vaksin booster atau dosis tiga, baik gratis maupun berbayar, masih merupakan rencana dan belum menjadi kebijakan.

Dalam diskusi virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu, Prima menjelaskan bahwa jika memang dibutuhkan, maka vaksin dosis ketiga vaksin COVID-19 akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang masuk kategori penerima bantuan iuran (PBI).
Vaksinasi pertama penyandang disabilitas-pendamping capai 95 persen
Staf Khusus Presiden bidang sosial Angkie Yudhistia melaporkan vaksinasi pertama untuk penyandang disabilitas dan pendamping di enam provinsi telah mencapai 95 persen.

Keenam provinsi yang melaporkan vaksinasi untuk penyandang disabilitas tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kemenkes: Kasus positif dan kematian mingguan COVID-19 turun

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan terjadi penurunan kasus positif dan kematian mingguan COVID-19 di Indonesia.

"Tren positif penurunan kasus COVID-19 di Indonesia dan juga angka kematian terus berlanjut untuk menurun. Hal ini menjadi berita yang baik untuk kita semua. Secara nasional terjadi penurunan kasus perpekan dibandingkan pekan lalu sebanyak 26 persen, dan penurunan angka kematian sebesar 37 persen," kata Nadia dalam keterangan pers virtual di Jakarta, Rabu.

Mensos turun langsung ke lokasi banjir di Gorontalo

Menteri Sosial Tri Rismaharini turun langsung ke lokasi banjir di Desa Kayubulan dan Desa Buhu Kabupaten Gorontalo Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Mensos berserta rombongan yang mengenakan sepatu boot dilanjutkan menggunakan perahu karet meninjau rumah warga yang masih digenangi banjir setinggi sekitar 75 cm hingga dua meter.

Survei temukan mayoritas warga tidak setuju vaksin COVID-19 berbayar

Survei yang dilakukan oleh Change.org, Kawal COVID-19 dan Katadata menemukan bahwa mayoritas masyarakat tidak menyetujui skema vaksin COVID-19 berbayar dengan alasan vaksin merupakan hak masyarakat di saat darurat.

"Sebanyak 70 persen responden menyatakan tidak setuju dengan vaksin berbayar, adapun yang setuju itu hanya 20 persen sisanya tidak tahu," kata Kepala Katadata Insight Center Adek Media Roza dalam konferensi pers virtual yang dipantau dari Jakarta pada Rabu.
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021