Komitmen pemerintah daerah yang telah mewujudkan dan merealisasikan pengarusutamaan gender.
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Aceh meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Penghargaan ini diberikan atas komitmen pemerintah daerah yang telah mewujudkan dan merealisasikan pengarusutamaan gender,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan penghargaan itu dia terima dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Aceh Nevi Ariyani dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di Jakarta.

Baca juga: Gorontalo raih anugerah Prahita Ekapraya dari Kementerian PPPA
 

Ia menjelaskan komitmen dari Pemerintah Provinsi Aceh dalam menggerakkan pengarusutamaan gender tersebut mendapat apresiasi dari Kementerian PPPA.

Gubernur berharap Anugerah Parahita Ekapraya yang diterima tersebut dapat menjadi motivasi bagi aparatur Pemerintah Aceh khususnya di Dinas PPPA, agar melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan pembangunan yang adil bagi semua pihak tanpa ada kesenjangan gender.

“Kami berharap seluruh unsur di Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota terus berkreasi dan berkolaborasi dalam memberdayakan perempuan,” kata Nova.

Baca juga: DKI meraih Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Gubernur menyebutkan, sesuai arahan Presiden, setidaknya ada lima hal yang perlu ditindaklanjuti seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan perempuan, yakni meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Aceh Nevi Ariyani mengatakan, ini merupakan kali pertama Pemerintah Aceh meraih Anugerah Parahita Ekapraya.

“Kami berbangga pertama kalinya kami mendapat penghargaan ini bisa langsung pada tingkatan madya,” kata Nevi.

Nevi menambahkan, selain Pemerintah Provinsi Aceh, pihaknya juga berhasil mendorong 4 kabupaten kota lainnya untuk meraih penghargaan tersebut, yakni Aceh Barat, Aceh Timur, Bireuen, dan Kota Sabang.

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021