Masyarakat Solok Selatan resah dengan kehadiran tiga ekor harimau

Masyarakat Solok Selatan resah dengan kehadiran tiga ekor harimau

Ilustrasi - Seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) berada dalam perangkap di Jorong Ingu, Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Senin (7/12/2020). Tim BKSDA menggunakan perangkap, kembali menangkap seekor harimau sumatra berjenis kelamin jantan yang sudah meresahkan warga setempat sejak sepekan terakhir. ANTARA/Iggoy el Fitra/hp.

Padang Aro (ANTARA) - Masyarakat Jorong Sungai Puah, Nagari Persiapan Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, resah dengan kemunculan tiga ekor harimau di hutan yang tak jauh dari permukiman mereka.

Camat Koto Parik Gadang Diateh Syahrul Munir di Padang Aro, Sabtu, menyebutkan tiga ekor harimau tersebut dilaporkan sering terlihat warga dalam sepekan ini.

"Jumat (24/9) lalu, surat dari wali nagari masuk yang menyebutkan sejak sepekan lalu masyarakat melihat tiga ekor harimau berkeliaran di hutan yang tak jauh dari permukiman mereka," katanya.

Ia mengatakan tiga harimau tersebut terdiri dari satu ekor induk dan dua ekor anaknya.

Baca juga: ICS perkuat perhutanan sosial jaga wilayah jelajah harimau Sumatera

Baca juga: Diamankan BKSDA, dua harimau berkeliaran di permukiman warga Solok


Kehadiran ketiga ekor harimau tersebut, membuat masyarakat takut untuk pergi ke ladang karena ladang mereka berbatasan dengan hutan tempat harimau itu berkeliaran.

Kendati demikian, belum ada laporan dari masyarakat yang kehilangan hewan ternaknya.

Sementara menanggapi laporan tersebut, pihaknya telah mengirimkan surat kepada pihak yang berwenang.

"Kami sudah berkirim surat ke Dinas Kehutanan dan secara lisan telah melaporkan ke BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, untuk ditindak lanjuti," katanya.*

Baca juga: Ketika harimau sumatera bertandang ke rumah warga Solok

Baca juga: BKSDA tangkap seekor harimau berkeliaran di Danau Kembar Solok
Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021