Kemenkeu-Kemendikbudristek sinergi edukasi keuangan negara

Kemenkeu-Kemendikbudristek sinergi edukasi keuangan negara

Kemenkeu (kemenkeu.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersinergi untuk melakukan edukasi terkait keuangan negara bagi generasi muda Indonesia.

Sinergi ini diwujudkan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) Nomor PRJ-4/MK.1/2021 dan 22/IV/PKS/2021 tanggal 26 April 2021 tentang Pemanfaatan Video Keuangan Negara untuk Program Belajar dari Rumah dalam rangka Penguatan Karakter Ekosistem Pendidikan, Kebudayaan, dan Keuangan Negara.

“Edukasi keuangan negara kepada generasi muda perlu ditanamkan sedini mungkin. Generasi muda adalah calon penerus bangsa,” demikian kutipan keterangan resmi Kemenkeu di Jakarta, Kamis.

Menindaklanjuti PKS tersebut, Kemenkeu dan Kemendikbudristek meluncurkan serial video edukasi bertema keuangan negara untuk mendukung pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) berjudul Petualangan Ungkit.

Kata Ungkit sendiri merupakan akronim dari #UangKita yang identik dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan serial ini dibuat untuk memberikan pemahaman terkait keuangan negara kepada pelajar SD kelas satu sampai tiga.

Tema keuangan negara yang disajikan dalam bentuk video animasi serta tokoh binatang atau fabel dengan materi pembelajaran difokuskan pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik.

Baca juga: Kemenkeu luncurkan podcast D'Maestro perluas edukasi keuangan negara

Serial ini meliputi tiga tema yaitu Belanja Negara berjudul Petualangan Ungkit Menjelajah Kota, Penerimaan Negara berjudul Petualangan Ungkit Berkelana di Desa, dan Utang Negara berjudul Mewujudkan Kota Impian bersama Ungkit dan Teman-Teman.

Tayangan serial Petualangan Ungkit telah ditayangkan pada kanal Youtube TV Edukasi dan Kemenkeu RI dan saluran stasiun TV Edukasi yang merupakan saluran resmi milik Kemdikbudristek.

Selain kerja sama penayangan konten BDR Keuangan Negara, Kemenkeu berinisiatif melakukan kerja sama lain dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bidang pendidikan, kebudayaan, dan keuangan negara.

Beberapa kerja sama yang sudah diidentifikasi dan berpotensi untuk dilaksanakan antara lain kerja sama pengembangan pembelajaran, kurikulum, dan perbukuan terkait sektor edukasi keuangan negara.

Kemudian, kolaborasi dan kerja sama penelitian di bidang keuangan negara serta kerja sama penelitian dan pengembangan Badan Layanan Umum (BLU).

Kemenkeu akan terus berupaya dan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman pengelolaan. 

Baca juga: OJK cari format edukasi literasi keuangan digital bagi millenial
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021