Sumsel menjadi satu di antara lima provinsi di Indonesia yang mendapatkan bantuan luar negeri program Millennium Challenge Compact (MCC) dari Amerika Serikat.
Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan terpilih menerima dana bantuan hibah dari pemerintah Amerika Serikat untuk pembangunan infrastruktur serta pengembangan usaha mikro kecil dan menengah.

Direktur Kerjasama Pendanaan Bilateral Kementerian PPN/Bappenas Kurniawan Ariadi di Palembang, Selasa, mengatakan, Sumsel menjadi satu di antara lima provinsi di Indonesia yang mendapatkan bantuan luar negeri program Millennium Challenge Compact (MCC) dari Amerika Serikat.

Ia mengatakan penyaluran dana hibah tersebut terikat dalam perjanjian yang mengikat pemerintah lndonesia yang diwakili Kementerian PPN/Bappenas dan Millennium Challenge Corporation (MCC) yang merupakan lembaga Pemerintah Amerika Serikat.

Baca juga: MSC tawarkan dana hibah penelitian perikanan bagi ilmuwan Rp19 miliar

Program ini dimaksudkan untuk menurunkan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bali dan Riau yang menerima,” kata dia.

Terkait dengan usulan Pemprov Sumsel, jelas Kurniawan Ariadi menyebut setidaknya ada beberapa item yang disetujui yakni mendukung pengembangan Kota Palembang Metropolitan, mendukung Kawasan Terpadu Tanjung Api-Api.

Kemudian, mengembangkan ekonomi terpadu di Danau Ranau, mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kota Pagaralam dan mendukung pengentasan kemiskinan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Baca juga: Teten sambut baik 3 rekomendasi pengembangan UMKM

Untuk program Palembang Metropolitan Area di antaranya, pembangunan pelabuhan internasional Tanjung Carat, pembangunan akses jalan menuju Tanjung Carat, pengembangan pelabuhan perikanan Sungsang, pengembangan TOD dan Integrasi Moda pada LRT, pembangunan jalan dan Jembatan Rantau Bayur-Gelumbang, peningkatan ruas jalan Rambutan-Tulung Selapan dan peningkatan jalan Air Batu-Tanjung Lago.

Kemudian mendukung pengembangan ekonomi terpadu Danau Ranau diantaranya, revitalisasi Bandara Banding Agung, peningkatan jalan akses pembangunan exit tol Pematang Panggang-Kayu Agung menuju Belitang OKU Timur, peningkatan jalan Provinsi Muara Dua-Kota Baru-Batas Lampung.

Selanjutnya mendukung pengembangan KSPN Kota Pagaralam yaitu pembangunan Jembatan Lematang Indah Pagaralam. Serta mendukung pengentasan kemiskinan Kabupaten Musi Rawas Utara seperti peningkatan Jalan Akses Antar Kabupaten (Ruas Simpang Nibung-Tebing Tinggi-Batas Kabupaten Musi Banyuasin).

Gubernur H Herman Deru mengatakan Sumsel sangat berterima kasih karena dipilih Bappenas untuk menerima bantuan tersebut.

Sejumlah usulan Pemprov Sumsel seperti pengembangan Pelabuhan Tanjung Carat telah dinilai Bappenas dapat menjadi episentrum laju pertumbuhan ekonomi Sumsel.
Dengan adanya bantuan hibah dari Pemerintah Amerika Serikat melalui MCC tersebut diharapkan menjadi dorongan percepatan pembangunan pelabuhan tersebut.

"Pelabuhan ini sebagai gula-gula yang harus diprioritaskan," kata dia.

Untuk itu Herman Deru berharap kedua belah pihak, yakni pemberi dan penerima hibah dapat saling bersinergi sehingga tujuan pemberian bantuan ini dapat tercapai.
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021