Ditjen Diktiristek jangkau mahasiswa 3T dengan mobil PJJ

Ditjen Diktiristek jangkau mahasiswa 3T dengan mobil PJJ

Tangkapan layar Sesditjen Diktiristek Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardani, dalam taklimat media di Jakarta, Selasa (21/9/2021). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjangkau mahasiswa di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dengan mobil pendidikan jarak jauh (PJJ).
 

“Sekitar 124.000 mahasiswa baik di perguruan tinggi negeri dan swasta kesulitan melakukan perkuliahan jarak jauh pada masa pandemi COVID-19, baik karena keterbatasan sinyal maupun ketiadaan gawai,” ujar Sesditjen Diktiristek Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardani, dalam taklimat media yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk menghasilkan mobil PJJ yang digunakan untuk membantu pelaksanaan perkuliahan jarak jauh mahasiswa di daerah 3T. Mobil tersebut dilengkapi dengan anjungan pemancar sinyal internet dan juga Tablet EduDikti yang berisi modul-modul perkuliahan.
 

“Kami beri nama mobil tersebut dengan nama mobil klinik sistem pembelajaran daring (Spada), yang digunakan sebagai "klinik" bagi teman-teman yang kesulitan melakukan pembelajaran pada masa pandemi,” tambah dia.
 

Mobil tersebut diharapkan dapat menjadi pembelajaran daring mahasiswa di daerah 3T. Mobil PJJ tersebut sebelumnya juga digunakan untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Jakarta selama dua bulan. Ke depan, mobil tersebut tidak hanya digunakan dalam membantu pembelajaran pada masa pandemi, juga mempercepat vaksinasi di daerah 3T.

Baca juga: Sejumlah kampus berkolaborasi dalam inovasi PJJ melalui ICE Institute

Baca juga: Pandemi COVID-19 ajang kampus berkolaborasi dalam PJJ


Saat ini, Kemendikbudristek memiliki 13 mobil di mana sebanyak 10 unit dikirimkan ke Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan Papua. Selain itu, Kemendikbudristek juga memberikan layanan internet berbasis satelit atau VSAT yang dapat membantu mahasiswa memperoleh sinyal di daerah 3T. Layanan VSAT tersebut tersebar di 200 titik di Tanah Air.

Baca juga: LLDIKTI X akan terapkan Kampus Nagari permudah perkuliahan daring

Baca juga: Bertambah, kampus yang selenggarakan belajar jarak jauh

 

Pewarta : Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021