Kemenkes gandeng Altea Care tingkatkan layanan kesehatan telemedicine

Kemenkes gandeng Altea Care tingkatkan layanan kesehatan telemedicine

Tangkapan layar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam acara Virtual Press Launch Altea Care yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (21/9/2021). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng Altea Care sebuah penyedia layanan konsultasi kesehatan secara daring sebagai upaya meningkatkan layanan kesehatan masyarakat melalui teknologi telemedicine.

“Kami pun berharap semakin banyak rumah sakit lain yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah berkembang pesat ini. Dengan begitu akan semakin banyak pula masyarakat yang dijangkau oleh rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan secara virtual,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam acara Virtual Press Launch Altea Care yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Dante mengatakan, kemitraan ini dilakukan untuk membantu masyarakat supaya lebih mudah mengakses fasilitas layanan kesehatan rumah sakit dari rumah, dapat mengurangi kesakitan dan menghindari kematian seorang pasien melalui pemanfaatan teknologi secara virtual.

Melalui Altea Care, dia mengatakan masyarakat umum menggunakan sejumlah fitur yang mempermudah pasien untuk melakukan telekonsultasi klinis dengan dokter spesialis rumah sakit yang berpengalaman, analisis kondisi pasien, pembelian obat, pemesanan layanan laboratorium dan tes diagnosa.

Dante menjelaskan masyarakat juga dapat melakukan registrasi untuk mendapatkan vaksin termasuk vaksin COVID-19 melalui layanan tersebut. Seluruh layanan dalam fitur dapat pasien bayar melalui pembayaran fleksibel menggunakan virtual account (pembayaran secara online) seperti GoPay atau kartu kredit.

Dengan menggunakan inovasi-inovasi tersebut, Dante mengajak seluruh pihak agar mendukung pemerintah untuk melakukan berbagai upaya yang dapat mendorong peningkatan layanan kesehatan serta dalam melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 secara nasional.

“Melalui kesempatan baik ini, kami mengajak semua pihak dalam upaya pemerintah sebagai proses percepatan vaksinasi COVID-19 secara nasional. Mudah-mudahan Altea Care dapat bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan kontribusi yang luas bagi masyarakat dan memberikan andil dalam upaya memberikan layanan kesehatan di masa pandemi,” kata dia.

Baca juga: Prediksi perkembangan digitalisasi di dunia kesehatan usai pandemi

Baca juga: Indef: Telemedisin bentuk konsumsi kesehatan baru bagi masyarakat

CEO Altea Care Mikaela Oen mengatakan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan melalui video call yang dapat diakses di mana saja.

“Dalam mendukung upaya masyarakat untuk tetap sehat, kami hadir untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat tanpa perlu ada rasa khawatir, mengutamakan rasa aman dan nyaman untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman secara virtual melalui video yang dapat diakses di mana pun pasien berada,” ujar Mikaela.

Mikaela menjelaskan dengan melakukan konsultasi melalui panggilan video, masyarakat bisa mendapatkan konsultasi klinis secara efektif serta mempermudah para dokter spesialis untuk memberikan informasi dan edukasi seputar diagnosis, evaluasi, hingga pencegahan dan pengobatan penyakit.

Dalam layanan itu dia mengatakan, apabila masyarakat ingin membeli obat Altae Care akan berusaha menjamin ketersediaan obat bagi pengguna dengan membelikan langsung dari rumah sakit terdekat serta diantarkan langsung ke rumah pengguna.

Sedangkan untuk fitur vaksinasi, pihaknya menyediakan layanan vaksinasi baik vaksinasi COVID-19, vaksin untuk anak maupun vaksin untuk orang dewasa.

Ia berharap melalui layanan yang disediakan oleh pihaknya, masyarakat dapat mendapatkan layanan secara lebih efektif dan nyaman, juga menjadi gerbang digital utama bagi penyedia layanan kesehatan untuk dapat membantu melayani pasien di mana saja.

Baca juga: FK Unpatti bangun sistem telemedisin dukung dokter di kepulauan

Baca juga: Wapres dorong rumah sakit kembangkan inovasi "telemedicine"

Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021