Jakarta (ANTARA) - Huawei akan mengadakan acara di Austria pada 21 Oktober mendatang, mereka diperkirakan akan meluncurkan ponsel flagship Mate 50 pada tanggal tersebut.

Rumor ini meruak lantaran peluncuran gawai flagship Huawei mundur dari jadwal tahun ini. Dikutip dari laman Phone Arena, Senin, P50, yang biasanya diluncurkan pada Maret atau April, baru diungkap pada Juli lalu.

Peluncuran seri P yang mundur ini diperkirakan juga berdampak untuk Mate 50. Tahun lalu, Huawei merilis Mate 40 pada September.

Sanksi dari Amerika Serikat terhada Huawei, buntut perang dagang AS versus China, semakin berat. Huawei kesulitan mendatangkan chip untuk menjalankan ponsel karena perusahaan yang menggunakan teknologi AS dilarang menjual chip ke mereka.

Akibat larangan ini, Huawei kesulitan untuk membuat chip mereka sendiri, Kirin 9000 5G.

Setelah peluncuran P50, sempat beredar rumor bahwa Huawei akan membatalkan peluncuran Mate 50 tahun ini.

Laman GizChina menuliskan Huawei mengadakan acara di Vienna, Austria pada 21 Oktober nanti, poster iklan menunjukkan sebuah ponsel.

Spekulasi yang beredar, berdasarkan informan dari industri ponsel di sana, Huawei akan meluncurkan seri P50, nova 9 atau bahkan Mate 50.

Seorang tipster gawai di Weibo berpendapat peluncuran Mate 50 terlambat, jika tidak tahun ini, gawai akan meluncur tahun depan.

Baca juga: Seri Huawei Mate 50 dikabarkan tidak akan dirilis hingga akhir Q2 2022

Baca juga: Leica bakal dukung kamera ponsel Xiaomi dan Honor?

Baca juga: Huawei HarmonyOS akan diperluas ke ponsel

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021