Ketua DPR berikan kuliah umum pada mahasiswa baru UNP

Ketua DPR berikan kuliah umum pada mahasiswa baru UNP

Tangkapan layar Ketua DPR Puan Maharani sedang memberikan kuliah umum secara daring pada mahasiswa baru UNP, Sumatera Barat, angkatan 2021, Jumat (17/9/2021). (FOTO ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Ketua DPR Puan Maharani memberikan kuliah umum pada mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat  angkatan 2021 secara dalam jaringan (daring), Jumat.

Dalam kuliah umum yang diberikan, ia mengajak mahasiswa UNP untuk tetap optimistis meskipun di tengah pandemi COVID-19 yang menurut WHO masih belum berakhir hingga tahun depan.

"Ingatlah, COVID-19 bukanlah tantangan pertama yang dihadapi bangsa Indonesia, selama 76 tahun Kemerdekaan RI sudah banyak tantangan besar yang telah dihadapi dan berhasil kita lewati bersama," katanya.

Puan mengajak mahasiswa UNP untuk terus meningkatkan rasa persatuan dari keberagaman yang ada di Indonesia. Sebab, ketika terus merawat persatuan maka Indonesia akan terus maju dan masyarakatnya juga ikut maju.

Ia meminta mahasiswa UNP untuk bisa memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-baiknya. Mahasiswa perlu belajar untuk menjadi inovator dalam berbagai bidang.

"Seperti saya lihat di website UNP, bulan lalu ada kontes robot, ini salah satu contoh baik, karena di masa depan, dunia akan dipengaruhi oleh robotik dengan artificial intellegence (IA)," katanya.

Ia mengingatkan mahasiswa untuk harus bersiap diri dari sekarang, karena nantinya manusia tidak hanya akan bersaing dengan manusia saja tapi juga dengan mesin yang memiliki kecerdasan buatan.

"Manfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh generasi kalian yaitu kemajuan teknologi yang sudah memberikan akses informasi yang begitu luas dari manapun dan kapanpun, serta selalu ingat falsafah Minangkabau yang jadi acuan di UNP yaitu 'Alam takambang jadi guru'," katanya.

Mahasiswa, juga diminta Puan Maharani untuk mencari ilmu dan mengembangkan pengetahuan dimanapun berada, bukan hanya di ruang kelas, serta terapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk kebaikan lingkungan, baik di keluarga, Sumbar dan Indonesia.

Sementara itu, Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D menyampaikan pada kuliah perdana pada semester Juli-Desember oleh angkatan baru 2021 ini dilakukan secara daring sebab Kota Padang masih masuk kategori PPKM level 4.

"Khusus angkatan 2021 lebih kurang berjumlah 1.231 orang, tahun ini masih ikuti kuliah daring di rumah masing-masing, namun kami terus pantau perkembangannya, dan Insyaallah di semester berikutnya akan ada perkuliahan luring," katanya.

Ia mengemukakan walau kuliah dilakukan daring tapi kualitas dan mutu penyelenggaraan tetap dijaga dengan baik, dan proses interaksi belajar tetap terjadi karena UNP menggunakan platform "e-learning" sehingga proses interaksi belajar tetap terjalin dengan baik.

Pihaknya juga telah mempersiapkan bahan ajar dengan mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang begitu cepat.

Kemudian model dan strategi pembelajaran terus diupayakan semaksimal mungkin dan diimplementasikan walaupun melalui daring, demikian Ganefri.

Baca juga: Gubernur paparkan isu strategis Megatrends 2030 di wisuda UNP ke-122

Baca juga: UNP jadi tuan rumah Konferensi TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9

Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa

Baca juga: Tim dosen UNP raih prestasi bergengsi di Malaysia


 
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021