Erick Thohir pastikan kios pupuk bersubsidi berperan di ekosistem tani

Erick Thohir pastikan kios pupuk bersubsidi berperan di ekosistem tani

Menteri BUMN Erick Thohir saat berdialog dengan petani di Subang, Jawa Barat. ANTARA/HO-Kementerian BUMN/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan selalu mendampingi dan memastikan kios pupuk bersubsidi dapat berperan dalam ekosistem pertanian.

"Kita bergotong royong agar lapangan kerja, kesejahteraan petani dan pelaku industri pertanian meningkat." ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, BUMN hadir untuk membantu petani Indonesia. Saat dirinya melakukan kunjungan ke Subang beberapa waktu lalu bersama PT Pupuk Indonesia, Erick Thohir meninjau kios pupuk bersubsidi dan sistem digitalisasi kios.

Pupuk dan benih yang ada di kios pupuk bersubsidi, disesuaikan dengan kondisi tanah dan kebutuhan petani.

"Sistem yang dibangun untuk digitalisasi kios juga memudahkan kios mengelola transaksi dan pendataan stok produknya," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir minta perusahaan BUMN untuk membantu petani agar makin makmur dan naik kelas dengan solusi pertanian.

Menurut dia, mereka mendapat bimbingan, mulai dari pupuk dan pengolahan sawah sehingga mampu menaikkan produktivitas dan keuntungan petani.

Dia juga menambahkan, diperlukan pendekatan holistik untuk mencari solusi pertanian demi meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani Indonesia. Hal itu dikarenakan jumlah areal persawahan di Indonesia meningkat dalam satu tahun terakhir, namun hasil panennya mengalami penurunan.

Baca juga: Pupuk Indonesia percepat distribusi pupuk subsidi ke gudang dan kios

Baca juga: Anggota DPR usulkan pengalihan subsidi pupuk menjadi subsidi harga

Baca juga: Mentan pastikan stok pupuk aman jelang musim tanam Oktober
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021