tidak menjual popcorn (berondong) dan minuman karena khawatir penonton  membuka masker selama menonton
Jakarta (ANTARA) - Pengelola sejumlah bioskop di Jakarta kembali beroperasi pada Kamis tetapi tidak menjual makanan dan minuman seperti lazimnya untuk menghindari pengunjung membuka masker.

Seperti penerapan protokol kesehatan salah satu bioskop di Jakarta Pusat, CGV Grand Indonesia yang tidak menjajakan makanan dan minuman kepada pengunjung..

"Kami tidak menjual popcorn (berondong) dan minuman karena khawatir penonton  membuka masker selama menonton," kata Reza, salah seorang pegawai tiket di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: 100 tiket bioskop CGV Central Park terjual pada hari pertama buka

Berdasarkan pantauan, terlihat mesin pembuat popcorn dan minuman tidak difungsikan oleh pengelola. Selain itu, area makan (dine in) CGV Kitchen juga terlihat gelap dan ditutup oleh pembatas.

Guna menarik minat pengunjung, bioskop CGV pun memberikan "cashback" bagi anggota (member) untuk setiap pembelian tiket, alih-alih diskon pembelian paket nonton dan makanan.

Salah satu pengunjung, Puti (32) mengaku tidak mempermasalahkan larangan makan dan minum di dalam studio. Menurut dia, larangan tersebut menjadi protokol kesehatan yang wajib dipenuhi jika ingin bioskop terus beroperasi.

Baca juga: Jakarta Barat bentuk tim gabungan untuk pantau prokes bioskop

"Tidak masalah karena itu untuk mencegah kita buka masker dan penularan virus. Justru saya harap semua pengunjung lain bisa patuh supaya bioskop tidak tutup lagi. Kemarin kan sudah dibuka, kemudian kasusnya naik, tutup lagi," kata Puti.

Kondisi yang sama juga terlihat di XXI Plaza Indonesia. Area mesin popcorn dan minuman terlihat gelap.

Ada pun dalam penyesuaian aturan PPKM Level 3 di DKI Jakarta, Pemerintah memperbolehkan bioskop untuk beroperasi dengan ketentuan kapasitas maksimal 50 persen.

Baca juga: Catat, ini lokasi sejumlah bioskop di Jakarta mulai dibuka pada Kamis

Selain itu, hanya pengunjung yang sudah divaksin lengkap atau dua kali yang diperbolehkan masuk ke dalam bioskop. Sebelum masuk, pengunjung wajib melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Anak-anak berusia kurang dari 12 tahun atau yang belum mendapat vaksin tidak diperbolehkan masuk. Pengunjung pun wajib menerapkan protokol kesehatan di seluruh area bioskop.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021