Mereka yang akan menonton jadi sasaran edukasi menggunakan masker
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dua juta masker yang akan disebar di empat arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua, guna memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Masker tersebut akan dibagikan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Persediaan masker ada dua juta masker di empat wilayah pelaksanaan PON XX. Kita akan bekerja sama dengan 500 relawan Satgas COVID-19 yang bekerja secara tim dan sif sepanjang pertandingan," ujar Deputi Bidang Perencanaan BNPB Prasinta Dewi dalam bincang wicara "Persiapan Protokol Kesehatan PON XX Papua" secara daring dipantau dari Jakarta, Rabu.

Baca juga: Relawan Satgas COVID-19 gerakkan prokes sekitar venue PON XX Papua

BNPB akan berfokus kepada masyarakat di sekeliling arena PON, dengan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat di masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi.

"Mereka yang akan menonton jadi sasaran edukasi menggunakan masker," ujar dia.

Dia mengatakan prosedur tetap penonton yang boleh hadir dalam arena pertandingan telah diatur oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Komite tersebut telah mengatur persyaratan pengunjung arena pertandingan serta kapasitas orang dalam arena selama pertandingan berlangsung.

Satgas COVID-19 BNPB berencana mengirim lima unit tes PCR selama berlangsung acara.

Namun, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, karena Kabupaten Merauke belum memiliki laboratorium yang memadai.

Baca juga: Seluruh kontingen di PON Papua bakal karantina selama lima hari
Baca juga: BNPB beri dukungan asistensi prokes untuk PON XX Papua 

  #ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021