Panglima TNI sambut baik Aplikasi ASAP Digital tangani Karhutla

Panglima TNI sambut baik Aplikasi ASAP Digital tangani Karhutla

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menghadiri acara launching aplikasi "ASAP Digital" oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2021). ANTARA/HO-Puspen TNI.

Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik aplikasi Analisa Pengendalian Karhutla (ASAP) Digital dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tanah Air.
 
Panglima TNI menyampaikan hal itu saat menghadiri acara launching atau pengenalan perdana aplikasi" ASAP Digital" oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu.
 
Aplikasi ASAP Digital yang memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot serta data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.
 
Keunggulan dari aplikasi ASAP Digital antara lain, dapat memantau adanya asap yang bersumber dari api. Berkat kecepatan informasi yang diterima petugas di Command Center, tim satgas karhutla bisa secara dini dikerahkan ke lokasi melakukan pengendalian dan pemadaman.

Baca juga: Aplikasi asap digital jadi program nasional penanganan karhutla

Baca juga: Kalbar kembangkan aplikasi asap digital pantau karhutla
 
Marsekal Hadi pun mengucapkan terima kasih kepada Kapolri atas inisiasi transformasi penanggulangan karhutla menggunakan aplikasi ASAP Digital yang tentunya dengan inovasi ini pelaksanaan penanggulangan karhutla akan lebih optimal.
 
"Saya harap komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral dalam penanggulangan karhutla menjadi lebih baik dan efektif," ujarnya dalam siaran persnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Direktur Telkom Indonesia, Kepala BRGM serta segenap Pejabat Utama Mabes Polri.

Baca juga: Polda Jambi pasang aplikasi Asap Digital di Mabes Polri
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021