Sepekan humaniora, seputar varian Mu & COVID-19 pelaku perjalanan

Sepekan humaniora, seputar varian Mu & COVID-19 pelaku perjalanan

Tangkapan layar Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat hadir secara virtual dalam Webinar Peran Kesehatan Respirasi Selama 76 Tahun Indonesia Merdeka yang diikuti dari YouTube RS Persahabatan di Jakarta, Kamis (9/9/2021). ANTARA/Andi Firdaus.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora sepekan yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari varian Mu belum terdeteksi di Indonesia hingga kata Kemenkes soal pelaku perjalanan internasional dari tujuh negara terinfeksi COVID-19.

1. Wamenkes: Varian Mu belum terdeteksi di Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan virus corona varian Mu belum terdeteksi di Indonesia.

"Kita sudah melakukan genom sekuensing terhadap 7.000-an orang di seluruh Indonesia dan belum terdeteksi adanya varian Mu," ujar Dante.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Indonesia peroleh 225,4 juta dosis vaksin dalam 50 kali kedatangan

Indonesia telah memperoleh total 225,4 juta lebih dosis vaksin COVID-19 dari berbagai produsen dalam 50 kali pengiriman sejak Desember 2020 hingga September 2021, kata seorang pejabat di PT Bio Farma.

"Dari pasokan vaksin COVID-19 yang sudah mencapai 225,4 juta dosis, Bio Farma sudah melakukan pendistribusian vaksin sejak Januari hingga pekan pertama September 2021 sebanyak 141,4 juta dosis," kata Sekretaris Perusahaan sekaligus Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Kemenkes: Kasus COVID-19 menurun 92 persen dari puncak gelombang kedua

Laju kasus COVID-19 di Indonesia pada Selasa (7/9) menurun 92 persen dari situasi puncak gelombang kedua yang mencapai 43.925 kasus, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

"Puncak laporan kasus dilaporkan pada 15 Juli 2021 dengan jumlah 43.925 kasus dalam sehari. Per tanggal 7 September 2021, sudah turun sebesar 92 persen," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Kepala BKKBN beberkan permasalahan keluarga saat pandemi COVID-19

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo membeberkan sejumlah permasalahan yang harus dihadapi oleh keluarga di Indonesia selama masa pandemi COVID-19.

"BKKBN juga melakukan survei terhadap keluarga. Dalam hal ini kita mewawancarai keluarga-keluarga pasangan usia subur dan kita tanya, pengaruhnya cukup memang besar. Jadi dalam hal ini, kita lihat ternyata perempuan mempunyai peran yang sangat besar," kata Hasto.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Pelaku perjalanan internasional dari tujuh negara terinfeksi COVID-19

Sejumlah pelaku perjalanan internasional dari tujuh negara yang tiba di Indonesia melalui pintu masuk DKI Jakarta terkonfirmasi positif COVID-19, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

"Periode 1-31 Agustus 2021 terdapat 4,5 persen pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif COVID-19 dari jumlah total kedatangan 36.722 orang," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021