Prestasi yang dicapai dapat menjadi contoh bagi prajurit lainnya.
Jayapura (ANTARA) - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono memberikan penghargaan dan tali asih kepada 10 prajurit TNI AD.

Mereka adalah enam personel Deninteldam XVII/Cenderawasih yang berhasil mendapatkan satu pucuk senjata api, dan empat orang Babinsa Koramil 1715-05/Batom Kodim 1715/Yahukimo atas prestasi berhasil menangkap dua orang Kelompok Sipil Teroris (KST) beserta lima pucuk senjata api, berlangsung di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Troyono dalam keterangan tertulis, Jumat, mengucapkan selamat kepada sepuluh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih yang berprestasi mendapatkan senjata api dan menangkap anggota KST tanpa kontak tembak serta tanpa korban jiwa.

"Bapak Kasad memberikan apresiasi terhadap prestasi yang membanggakan tersebut. Semua ini merupakan prestasi yang luar biasa dan patut untuk dibanggakan. Ini menunjukkan kalian telah melaksanakan tugas dengan baik. Pembinaan teritorial dan komunikasi sosial yang dilaksanakan membuahkan hasil yang membanggakan. Tanpa sebutir peluru dan korban jiwa, kalian telah mendapatkan enam senjata api," ujar Pangdam.

Mayjen Ignatius Yogo Triyono menyampaikan bahwa aturan dalam militer sudah jelas tentang reward and punishment untuk prajurit yang berprestasi harus diberikan penghargaan, dan yang melanggar tentu akan diberikan sanksi.

"Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang telah kalian capai, saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih akan memberikan piagam penghargaan dan tali asih," ujar Pangdam lagi.

Pangdam XVII/Cenderawasih juga menyampaikan Kasad menyetujui bagi para prajurit yang berprestasi akan diusulkan untuk mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Pangdam mengatakan, pembinaan teritorial merupakan senjata yang ampuh untuk mengambil hati dan kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat secara sukarela melaporkan hal yang mencurigakan kepada aparat TNI.

Pangdam XVII/Cenderawasih berpesan agar prestasi yang sudah dicapai dapat menjadi contoh bagi prajurit lainnya dalam bertugas.
Baca juga: Panglima TNI berikan penghargaan kepada prajurit TNI-Polri berprestasi
Baca juga: Prajurit Kostrad di perbatasan negara harus terus berprestasi

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021