Kodam IX/Udayana turut bantu ketersediaan air bersih di Bali-Nusra

Kodam IX/Udayana turut bantu ketersediaan air bersih di Bali-Nusra

Dokumentasi inspeksi pembangunan pompa hidran di Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (2/09/2021). ANTARA/HO-Korem 163/Wirasatya

Denpasar (ANTARA) - Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mengatakan, saat ini TNI bertugas menangani kesulitan air bersih untuk wilayah Bali, NTB, NTT, serta penanganan Covid-19 hingga kasus kemiskinan.

"Lawan kita saat ini Covid-19 dan kemiskinan. Diharapkan, semua lini bisa mengambil peran untuk membantu masyarakat. Kodam IX/Udayana sudah memulai dan terlibat langsung untuk turun mengatasi kesulitan masyarakat Bali, NTB sampai NTT khususnya tentang pemenuhan kebutuhan air bersih," kata dia, dalam keterangan persnya di Denpasar, Bali, Rabu.

Baca juga: DKI tingkatkan layanan air bersih pipa guna cegah penurunan tanah
 
Ia mengatakan besar harapan kepada pada prajurit agar bisa berperan dalam menghadapi tantangan-tantangan tugas ke depan. Selain itu, diharapkan agar semua prajurit paham dan mengerti, sehingga bisa berperan di wilayahnya masing-masing, terutama di Bali, NTB, NTT. Ketiga provinsi itu merupakan wilayah tanggung jawab Kodam IX/Udayana.
 
"Saat ini tugas kita semua adalah melawan pandemi Covid-19. TNI AD khususnya dan TNI pada umumnya berperan cukup baik dalam membantu pemerintah maupun masyarakat untuk mengatasi masalah Covid-19. Jadi, para prajurit harus bisa mengetahui dan menguasai segala hal-hal yang terjadi serta mengerti apa yang harus dilakukan," katanya.

Baca juga: DKI siapkan dua strategi untuk pemenuhan hak atas air bersih
 
Sebelumnya, dia telah merealisasikan program pembangunan pompa hidram di wilayah Bali, NTB dan NTT. Ini sebagai bagian upaya untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan air bersih termasuk memberdayakan sektor pertanian.
 
Salah satunya, berupaya untuk mengangkat air di Tanguntiti Tabanan, Asah Goblek, Buleleng, serta di beberapa tempat lainnya agar sumber mata air yang ada bisa dimanfaatkan dan diangkat dengan pompa hidram, hingga dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Pemprov DKI usulkan subsidi tarif air bersih, atasi ketimpangan
 
Ia menyatakan, pompa hidran ini dapat mengatasi masalah air bersih dan pengairan sawah, sehingga kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi, khususnya untuk sektoral pertanian.
Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021