Dalam program tersebut YDBA berkolaborasi dengan stakeholder untuk membina dan memberi kesempatan kepada IKM untuk memasok produknya sesuai standar quality, cost & delivery (QCD) yang dibutuhkan stakeholder.
Jakarta (ANTARA) -
Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), yang fokus membina industri kecil dan menengah (IKM) di Tanah Air, mendukung program global supply chain yang memiliki dampak terhadap perkembangan bisnis IKM, yang salah satunya dilakukan melalui program ayah angkat terhadap Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI).

Dalam program tersebut YDBA berkolaborasi dengan stakeholder untuk membina dan memberi kesempatan kepada IKM untuk memasok produknya sesuai standar quality, cost & delivery (QCD) yang dibutuhkan stakeholder.

"Kami berharap program kolaborasi YDBA dan YPTI yang telah memberi kesempatan sembilan industri kecil dan menengah (IKM) binaan YDBA di Solo untuk memasok produknya ke YPTI dengan jumlah komponen sebanyak lebih dari 47ribu pcs dengan nilai transaksi lebih dari Rp1,5 miliar ini dapat terus memompa semangat IKM, tidak hanya di Solo, tetapi juga di seluruh Indonesia," kata Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala secara virtual, Rabu.

Baca juga: Kemenperin apresiasi program "ayah angkat" IKM otomotif oleh YDBA

Sigit juga berharap akan ada banyak lagi ayah angkat yang turut memberi kesempatan IKM untuk memasok produknya dan menjadi bagian dari supply chain industri otomotif di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama YPTI Petrus Tedja Hapsoro dalam sambutannya mengajak para pelaku industri untuk saling berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Petrus juga mengajak IKM yang telah menjadi bagian dari supply chain industri di Indonesia untuk terus komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada customer dengan membenahi teknologi, SDM, informasi dan organisasi yang ada di dalam Industri Kecil dan Menengah tersebut.

Sebagai rangkaian acara, diselenggarakan juga talkshow bertema “Semangat Kolaborasi Memperkuat Global Supply chain Industri Otomotif di Indonesia”.

Baca juga: Kemenperin pacu IKM masuk rantai pasok global

Talkshow dihadiri oleh empat narasumber, yaitu Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian RI Ir. Dini Hanggandari, MSi., Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala, Direktur YPTI Prasetyo Yulianto Paulus serta CV Kurnia Teknik Sarwoko dengan dimoderatori oleh Staf Communication & Information System YDBA Agustin.

Dalam talkshow tersebut, Prasetyo menyampaikan bahwa program Ayah Angkat kolaborasi YDBA bersama YPTI tersebut merupakan program kolaborasi pertama yang dilakukan YPTI.

Program itu dinilai bukan hanya memberikan kesempatan YPTI untuk berbagi ilmu maupun pasar kepada Industri Kecil dan Menengah, tetapi juga memberi manfaat dalam meningkatkan produktivitas bisnis yang dijalankan YPTI.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021