China siap bekerja dengan keempat negara itu untuk meraih pencapaian dalam hubungan bilateral dan bersama mengawal multilateralisme, keadilan global, dan kesetaraan demi terciptanya energi yang lebih positif dalam memelihara perdamaian, stabilitas, k
Beijing (ANTARA) - Menteri Luar Negeri China Wang Yi dijadwalkan melakukan lawatan ke tiga negara di Asia Tenggara dan Korea Selatan pada 10-15 September.

Tiga negara anggota ASEAN yang bakal dikunjungi Menlu Wang Yi itu adalah Vietnam, Kamboja, dan Singapura.

Selama kunjungannya, Wang akan menjalin komunikasi strategis dan mendalam dengan semua pihak, meningkatkan kerja sama dalam kerangka Prakarsa Sabuk Jalan (BRI), dan membangun komunitas masyarakat untuk bersama-sama menuju masa depan yang cerah, demikian juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Selasa.

Baca juga: China diharapkan dapat tingkatkan kerja sama kesehatan dengan ASEAN

Menurut dia, keempat negara itu dekat secara geografis dengan China dan perjalanan Wang menunjukkan ketulusan China untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan dengan mereka.

"China siap bekerja dengan keempat negara itu untuk meraih pencapaian dalam hubungan bilateral dan bersama mengawal multilateralisme, keadilan global, dan kesetaraan demi terciptanya energi yang lebih positif dalam memelihara perdamaian, stabilitas, kemakmuran, dan pembangunan di kawasan dan dunia yang lebih luas," kata jubir dalam pengarahan pers rutin di Gedung Selatan MFA pada sore itu.

Di Vietnam, Menlu Wang akan memimpin Pertemuan ke-13 Komite Pengarah Kerja Sama Bilateral China-Vietnam bersama dengan Deputi Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh.


Baca juga: Menlu ASEAN dan China membahas pemulihan hijau pascapandemi

Baca juga: Rumah Sakit Swasta di Malaysia layani vaksinasi berbayar

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021