Perusahaan yakin bahwa aksi korporasi ini akan memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan perusahaan. Aksi korporasi ini juga mendapat respons yang baik dan positif dari investor, yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari pertu
Jakarta (ANTARA) - Produsen semen PT Cemindo Gemilang Tbk optimistis langkah perseroan masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) akan berdampak positif bagi kinerja perseroan ke depan.

Wakil Direktur Utama PT Cemindo Gemilang Tbk Vince Indigo mengatakan, perseroan akan melepas 1,71 miliar lembar saham baru atau setara 10,04 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO dengan harga penawaran Rp680 per saham. Dengan demikian, perseroan mendapatkan dana segar hingga Rp1,16 triliun dari gelaran IPO.

"Perusahaan yakin bahwa aksi korporasi ini akan memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan perusahaan. Aksi korporasi ini juga mendapat respons yang baik dan positif dari investor, yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari pertumbuhan perusahaan. Perusahaan memahami kondisi saat ini yang penuh tantangan, untuk itu perusahaan telah mempersiapkan diri, antara lain dengan mempersiapkan sarana fasilitas produksi yang efisien serta ramah lingkungan," ujar Vince dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BEI: Perusahaan masih antusias galang dana di pasar modal

PT. Cemindo Gemilang Tbk memiliki fasilitas produksi terintegrasi di mana fasilitas produksi yang canggih, sumber bahan baku, dan pelabuhan terpadu terletak di area yang sama. Pada pertengahan 2020, perusahaan menambah satu line produksi klinker baru dengan kapasitas 10.000 ton per hari.

Perusahaan berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan emisi karbon dalam proses produksi semen. Hal itu tercermin dengan penurunan emisi sebesar 9 persen sejak awal mula beroperasinya pabrik.

Vince menyampaikan, hal tersebut dapat dicapai melalui pengoperasian tiga unit Waste Heat Recovery plants, yang terletak di pabrik terintegrasi di Bayah (Indonesia) dan Hai Phong (Vietnam), yang mengoperasikan Over Land Belt Conveyor untuk keluar masuknya material menuju pabrik sehingga penggunaan truk dapat ditekan secara maksimal.

Baca juga: OJK: Pasar modal himpun dana Rp136,9 triliun, tumbuh 199 persen

Perusahaan juga terus mengupayakan inisiatif-inisiatif untuk membantu menurunkan jumlah emisi karbon secara berkesinambungan. Di samping itu, perusahaan juga terus melakukan inovasi dengan mengurangi penggunaan klinker, agar dapat menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan dengan tetap mempertahankan standar mutu produk.

Keberhasilan perseroan dapat dilihat dari kinerja finansial yang telah dicapai, dimana penjualan perusahaan tumbuh sebesar 13 persen pada 2020 dibandingkan dengan 2019. Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan EBITDA sebesar 13,2 persen pada periode yang sama.

Berdasarkan data dari Asosiasi Semen Indonesia, sampai dengan Juli 2021, perusahaan terus menujukan tren positif untuk penjualan semen domestik di Indonesia dengan pertumbuhan sebesar 46,2 secara tahunan atau year-on-year.

PT Cemindo Gemilang TbK yang lebih dikenal sebagai produsen semen Merah Putih di Indonesia akan tercatat di bursa pada 8 September 2021 dengan menggunakan kode saham CMNT, dimana masa penawaran berlangsung sejak Kamis (2/9) hingga Senin (6/9) lalu.

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021