Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan BUMN hadir bagi pekerja migran Indonesia lewat aksi nyata, salah satunya melalui penyerahan 4 unit ambulans dari PT TASPEN (Persero) kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Kementerian BUMN hadir bagi para Pekerja Migran melalui berbagai aksi nyata, mulai dari penjemputan para Pekerja Migran, penyediaan alternatif pembiayaan yang ringan, serta hari ini penyediaan fasilitas kesehatan bagi Pekerja Migran dan keluarganya, karena BUMN tidak ingin hanya menjadi menara gading tetapi ingin selalu hadir untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Menteri BUMN, hari ini Senin (23/8) BUMN hadir untuk mewujudkan Indonesia Sehat agar bisa tercipta Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

Baca juga: Taspen gandeng Kagama gelar vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat

PT TASPEN (Persero) sebagai BUMN berkomitmen terus memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR). Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 dan melanjutkan program Taspen Untuk Indonesia, PT TASPEN mengadakan program CSR berupa penyerahan 4 unit mobil ambulans tipe standar multifungsi ditambah keranda jenazah kepada BP2MI guna mendukung kegiatandalam pelayanan kesehatan, khususnya pekerja migran.

Acara penyerahan ambulans dihadiri langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Badan BP2MI Benny Rhamdani beserta jajaran, Komisaris Utama PT TASPEN Suhardi Alius dan Direktur Utama PT TASPEN A.N.S Kosasih beserta jajaran di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (23/8).

Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih mengatakan bahwa TASPEN berkomitmen mengusung semangat BUMN Untuk Indonesia dalam setiap program tanggung jawab sosialnya.

"Program penyerahan mobil ambulans kali ini merupakan bentuk partisipasi aktif kami dalam memberikan kepedulian dan dukungan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya melalui BP2MI," kata A.N.S Kosasih.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, setiap tahun pihaknya sudah menangani 859 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 1142 yang sakit. Dalam penanganannya BP2MI hanya bisa menyediakan ambulans melalui sewa atau kontrak dan itupun hanya untuk para Pekerja Migran Indonesia tidak termasuk keluarganya.

"Hari ini kerjasama antara BP2MI dan BUMN melalui PT TASPEN (Persero) menunjukkan komitmen negara dan membuktikan bahwa negara hadir untuk Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya dimana PMI adalah pahlawan devisa yang layak mendapatkan kehormatan Negara. Terimakasih Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo, Bapak Menteri BUMN Erick Thohir, Bapak Direktur Utama dan Komisaris Utama TASPEN atas kepeduliannya kepada setiap Warga Negara Indonesia, khususnya para Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya,” ujar Benny Rhamdani.

Baca juga: Taspen targetkan vaksinasi 100.000 orang hingga akhir 2021

Selama masa pandemi, TASPEN telah berpartisipasi secara aktif dan konsisten membantu Pemerintah mempercepat penanganan COVID-19 melalui kegiatan CSR. Sebelumnya, TASPEN telah menyerahkan bantuan mobil ambulans kepada beberapa instansi, di antaranya POLRI dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada bulan Maret 2021. Disamping itu, TASPEN juga secara aktif mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui beberapa kegiatan vaksinasi untuk lansia dan dewasa di seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan berbagai ikatan alumni sekolah dan perguruan tinggi, kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2021.

"Berbagai program CSR yang telah dilakukan TASPEN tentunya tidak akan berhenti. Dalam waktu dekat, TASPEN akan menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan untuk beberapa instansi diantaranya Kementerian PAN-RB dan Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB) serta penyerahan mobil ambulans kepada Kementerian BUMN. Kami akan terus berkomitmen secara nyata mengimplementasikan program CSR berkelanjutan kepada peserta dan masyarakat untuk
meningkatkan nilai ekonomi dan sosial Indonesia," kata Dirut TASPEN A.N.S Kosasih.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021