Di Indonesia antusiasme terhadap mobil-mobil sport itu tinggi
Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia bakal semakin mengembangkan desain lokal dan pemasok dari dalam negeri pada mobil-mobil dengan varian Gazoo Racing (GR) yang dipasarkan di Indonesia.

Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan GR Brand yang baru diluncurkan pada Kamis (19/8) akan menjadi trensetter, yang akan mendorong pengembangan tidak hanya pada produk aksesoris mobil tapi juga pada performance.

"Kita harapkan efek berantainya bisa sampai ke situ," kata Henry di Jakarta, Minggu, ketika ditanya soal dampak positif Toyota GR Brand bagi Indonesia.

Toyota Astra Motor pada 19 Agustus 2021 resmi memperkenalkan GR Brand sebagai merek untuk kendaraan sporty-nya di Indonesia, yang akan dikembangkan tidak hanya untuk model-model kendaraan yang sudah ada seperti Rush, Fortuner, Yaris, Agya, dan Veloz, tapi juga kelak untuk model baru yang belum ada sebelumnya.

"Kalau bedanya dengan TRD sangat jelas. Kalau TRD kan (hanya) menciptakan sporty feeling, sebuah diferensiasi dari yang eksisting saja. Tapi GR Brand datang dari (DNA) motorsport, maka perbedaannya ada mobil-mobil khusus yang beda dari existing line up," kata Henry.

Namun ia menegaskan yang terpenting dari GR Brand yang merupakan merek global Toyota untuk kendaraan sport adalah Toyota Indonesia bisa belajar secara bertahap untuk mendapatkan skill dan knowledge dalam pengembangan mobil-mobil Toyota GR Brand ,yang khas untuk kebutuhan konsumen Indonesia.

"Di Indonesia antusiasme terhadap mobil-mobil sport itu tinggi. Beberapa model yang sudah ada dengan varian TRD sebagai sport car itu jualannya sudah lebih dari 70 persen," ujar Henry.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menambahkan dalam pengembangan mobil sport Toyota di Indonesia, pihaknya selalu meminta izin kepada principal (pemegang merek) dalam hal ini Toyota Motor Corp , dan terkait GR Brand ke GR Company, untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan karakter dan selera konsumen Indonesia.

TAM, kata dia, memiliki desainer-desainer lokal di bawah Divisi Product Planning yang salah satunya mengembangkan dan membuat styling dan part part yang akan dipasangkan di Gazoo Racing, sehingga kelak kendaraan sporty itu makin diminati.

"Indonesia mungkin paling banyak (varian mobil sport Toyota) dibandingkan negara lain. Boleh saya bilang secara mayoritas adalah produk lokal, lokal desain, untuk konsumen Indonesia. Supplyer-nya pun lokal. Nanti akan kita kembangkan terus," ujar Anton.

TAM, lanjut dia, sedang studi mengenai pengembangan kendaraan Gazoo Racing untuk Indonesia, yang mengarah pada solusi dan lifestyle, sehingga kelak GR Brand bukan hanya sebuah produk tapi juga sebuah solusi kebutuhan dan gaya hidup konsumen Indonesia.

Baca juga: Pesanan membludak, Toyota tentukan konsumen GR Yaris lewat undian
Baca juga: Toyota Gazoo Racing resmi hadir di Indonesia
Baca juga: Toyota GR Yaris WRC tersedia terbatas, cuma 126 unit di Indonesia

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021