Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kopenhagen, Denmark, terlihat antusias mengikuti rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI walaupun hujan deras mengguyur.

Acara peringatan HUT RI itu digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kopenhagen dan dimulai dengan upacara bendera, menurut keterangan KBRI Kopenhagen yang diterima di Jakarta, Rabu.

Duta Besar RI untuk Denmark dan Lithuania, Dewi Savitri Wahab, yang semula dijadwalkan menjadi pembina upacara, tidak dapat mengikuti kegiatan itu karena pada saat yang bersamaan sedang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Lithuania Gitanas Nauseda di kota Vilnius.

Upacara yang berlangsung pada pukul 09.00 (waktu setempat) itu diikuti sekitar 125 orang peserta dari berbagai kalangan diaspora Indonesia di Denmark.

Sejumlah warga Denmark juga ikut hadir dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI itu.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan pertama kali kepada pasukan pengibar bendera yang sukses menjalankan tugasnya.

Ada juga acara hiburan berisi tari-tarian tradisional dan nyanyian lagu-lagu daerah Indonesia.

Para warga Indonesia tampak semangat mengikuti permainan dan perlombaan khas 17 Agustus, seperti tarik tambang, balap karung, memasukkan paku ke dalam botol, berjalan dengan kelereng dalam sendok, dan balap tepung.

Baca juga: Rayakan HUT RI, KBRI Ankara gelar doa lintas agama

Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara silaturahmi dan ramah-tamah serta makan siang bersama.

Kegiatan peringatan HUT RI yang dilakukan KBRI Kopenhagen bersama warga Indonesia itu dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di Denmark.

Semua peserta yang hadir wajib menunjukkan kartu atau tanda bukti lainnya yang membuktikan bahwa mereka telah divaksin, telah dites COVID-19 dengan hasil negatif, ataupun telah sembuh dari COVID-19.

Pemerintah Denmark sendiri telah melonggarkan aturan pembatasan pencegahan penyebaran virus corona dengan tidak membatasi jumlah perkumpulan di luar ruangan.

Per 17 Agustus 2021, jumlah kasus COVID-19 di Denmark mencapai 331.736 orang dengan 316.180 kasus sembuh dan 2.560 korban jiwa.

Sebanyak 4.334.496 orang (74,7 persen) warga Denmark telah memperoleh vaksin dosis pertama dan 3.822.031 orang (66 persen) telah menerima dosis kedua.

Baca juga: Tujuh ABK ikuti upacara HUT RI di KBRI Dakar usai alami musibah
Baca juga: Dubes Ridwan: momentum kemerdekaan jaga kemajemukan bangsa

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021