Jakarta (ANTARA) - Pemain tim nasional bola basket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa mengenang momen masa kecilnya saat perayaan hari kemerdekaan RI setiap 17 Agustus.

Dia menceritakan bahwa balap karung menjadi perlombaan favoritnya pada setiap perlombaan 17 Agustus-an.

“Dulu 17 Agustus-an masih sering ikut (perlombaan). Aku paling suka balap karung karena aku selalu menang ketika masih SD,” ungkap Prastawa kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Namun seiring bertambahnya usia, point guard timnas basket Indonesia itu mulai beralih untuk mengikuti perlombaan lain, seperti sepak bola.

“SMP mulai jarang ikut balap karung. SMA aku main futsal di kompleks. Walaupun aku main basket, tapi aku bisa topskor pas main futsal,” ujarnya.

Baca juga: Andakara Prastawa tetap jaga pola makan saat Lebaran

Sayangnya, perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI saat ini tidak bisa dirayakan semeriah dulu karena masih adanya pandemi COVID-19.

Kendati demikian, pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta itu tetap optimistis Indonesia bisa melewati situasi pandemi saat ini sama seperti ketika tokoh-tokoh bangsa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dulu kala.

“Kita ingat bagaimana kita berjuang untuk merdeka. Jadi kita juga pasti bisa menghadapi pandemi ini bersama-sama agar bisa segera berakhir,” pungkas dia.

Tak hanya itu, Prastawa juga berharap para atlet Indonesia bisa terus berprestasi, mengibarkan bendera Merah Putih di tempat tertinggi di berbagai ajang olahraga di dunia.

Baca juga: Indonesia tak gentar meski dikepung tim kuat di FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Pebasket timnas kembali ke klub usai FIBA Asia Cup 2021 ditunda

 

 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021