Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony J. Blinken menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan hari ulang tahun kemerdekaan tanggal 17 Agustus," kata Blinken melalui pernyataan pers Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia, Jakarta, Selasa.

Ia menyatakan bahwa negaranya menilai Indonesia sebagai pemimpin demokratis yang penting di kawasan, sekaligus sebagai negara yang memiliki pengaruh penting dalam isu-isu prioritas global.

Oleh karena itu, Blinken menegaskan komitmen AS untuk terus menjalin kemitraan strategis di antara kedua negara, terutama dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Joe Biden sampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Jokowi

"Kami terus menegaskan dan meneguhkan kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama saat kita bekerja sama untuk mengatasi pandemi COVID-19 serta mendorong Indo-Pasifik yang lebih damai, stabil, sejahtera, dan sehat," katanya.

Blinken menekankan bahwa AS merasa bangga karena telah menjalin hubungan kemitraan yang bersejarah dengan Indonesia, dan kembali menyampaikan selamat kepada rakyat Indonesia yang pada 17 Agustus tahun ini merayakan hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan penuh suka cita.

"Kami menyampaikan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan dengan suka cita," demikian katanya.

Indonesia merayakan HUT ke-76 Kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19. Pada Senin, kasus terkonfirmasi bertambah 17.384 menjadi 3.871.738, kasus sembuh bertambah 29.925 menjadi 3.381.884, dan kasus meninggal bertambah 1.245 menjadi 118.833, menurut data Satgas COVID-19.

Baca juga: Dubes Inggris, Jepang ucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI
Baca juga: Dubes Prancis sampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan RI ke-76

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021