Saya berharap, Sentra Vaksinasi RSUI–Toyota Berbagi ini dapat menjadi percontohan kerja sama penta helix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia menggandeng Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar Sentra Vaksinasi gratis untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dengan target 50.000 dosis vaksin yang diselenggarakan di Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Peresmian Sentra Vaksinasi RSUI-Toyota Berbagi dilaksanakan secara virtual, hari ini, dihadiri antara lain oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, Rektor UI Ari Kuncoro, Wali Kota Depok Muhammad Idris, dan Direktur Utama RSUI Astuti Giantini.

Sedangkan dari Toyota Indonesia dihadiri antara lain oleh Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Takeshi Yamakawa, Direktur TAM Nini Tjandrasa, serta Direktur PT Toyota-Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

Sebanyak 50.000 dosis vaksin akan diberikan selama 50 hari mulai 2 Agustus hingga 12 Oktober 2021, setiap hari Senin-Jumat pada pukul 08.00 - 14.00 dengan target 1.000 dosis vaksin per hari.

Untuk kelancaran pelaksanaannya, sentra vaksinasi ini dibantu dengan lebih dari 100 relawan termasuk dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi.

Program ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi prasyarat vaksin dan dapat melakukan pendaftaran secara online di www.toyota.astra.co.id/sentravaksinasi.

Penambahan kuota pendaftaran dan informasi jenis vaksin COVID-19 dibuka setiap pekan. Masyarakat yang belum mendapat kuota, agar selalu memantau tautan pendaftaran Sentra Vaksinasi RSUI – Toyota Berbagi atau mengikuti media sosial RSUI dan ToyotaID.

Selain bisa mendapatkan vaksin secara gratis, peserta vaksin terdaftar berkesempatan memenangkan hadiah berupa 5 voucher medical check-up paket lengkap di RSUI dengan mengkampanyekan ajakan vaksin. Caranya adalah dengan menggunggah di sosial media Instagram dan Twitter disertai tagar #RSUITOYOTABerbagi #ToyotaAdaUntukAnda #AyoVaksin.

Kerja sama percontohan

Kerja sama penanganan COVID-19 antara Toyota Indonesia dengan RSUI sudah berlangsung sejak awal tahun ini melalui dukungan layanan mobilitas dengan 2 unit KINTO untuk memudahkan aktivitas penanganan pasien dan sarana pendukung di RSUI Depok mulai April 2021 – Maret 2022.

Selain itu, RSUI merupakan satu dari 6 rumah sakit di 4 provinsi yang menerima bantuan cepat tanggap Toyota Indonesia di bulan Juli berupa tabung oksigen 6 m3 berikut isi, portable bed, oximeter, paket APD level 3, serta vitamin.

Presdir TAM Susumu Matsuda, menyebutkan sebagai bagian dari masyarakat, Toyota Indonesia ingin berkolaborasi dengan para mitra dan pemangku kepentingan untuk turut membantu Pemerintah Indonesia dalam percepatan penanganan COVID-19.

"Kali ini sebagai kelanjutan dari rangkaian program #ToyotaAdaUntukAnda sejak awal 2020, kami menyelenggarakan Sentra Vaksinasi RSUI-Toyota Berbagi. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin secara cepat dan mudah, dan kita bersama-sama dapat melakukan percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia,” ujar Matsuda melalui keterangan tertulis, Jumat.

Sementara itu Wakil Presdir TAM Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota Indonesia secara bertahap telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk karyawan beserta keluarganya dan juga masyarakat di lingkungan perusahaan sejak Mei 2021.

“Hal ini kami lakukan sebagai bagian dari sinergi pemerintah dan swasta guna memperluas cakupan dan mempercepat proses vaksinasi nasional, sehingga dapat mendukung terwujudnya kekebalan kelompok pada masyarakat (herd immunity),” kata Henry.

Direktur Utama RSUI Astuti Giantini mengucapkan terima kasih kepada Toyota Indonesia atas kepercayaan kepada RSUI sebagai pelaksana vaksinasi dan penyedia fasilitas kesehatan.

"Semoga kolaborasi ini dapat memberikan manfaat dan layanan yang lebih baik bagi masyarakat sehingga bisa bersama turut serta membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan menanggulangi pandemi COVID-19,” ujarnya.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan pembangunan sentra vaksinasi merupakan wujud nyata dan komitmen bersama dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok serta melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Saya berharap, Sentra Vaksinasi RSUI–Toyota Berbagi ini dapat menjadi percontohan kerja sama penta helix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat,” ujarnya.

Senada, Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan, "Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Kota Depok dan PT Toyota Astra dan juga mitra lainnya yang turut serta membantu pelaksanaan program vaksinasi RSUI – Toyota Berbagi”.

Program Toyota Ada Untuk Anda sendiri telah dilaksanakan sejak awal pandemi 2020 melalui kegiatan preventif maupun kuratif di internal perusahaan, lingkungan sekitar, dan di seluruh wilayah Indonesia bersama principal dan seluruh jaringan outlet Toyota, mitra value chain, fasilitas dan tenaga kesehatan, Kementrian dan Dinas Kesehatan, serta Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan antara lain berupa donasi ambulans Kijang Innova dan Toyota Dyna, donasi sarana dan prasarana medis berupa oksigen, paket APD lengkap, prasarana medis, dan multivitamin, vaksinasi gratis, serta donasi paket kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak.

Baca juga: Bantu pemerintah tangani COVID, Toyota Indonesia donasi Rp1,55 miliar
Baca juga: Toyota Indonesia mulai vaksinasi karyawan dan keluarga
Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diperkenalkan di Indonesia

 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021