Ikatan alumni UI-ITB kerja sama ajak masyarakat ikuti vaksinasi

Ikatan alumni UI-ITB kerja sama ajak masyarakat ikuti vaksinasi

Peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat di The Media Hotel, Jakarta, Kamis (12/8/2021). ANTARA/HO-ILUNI UI.

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat di The Media Hotel, Jakarta.

“Melalui kerja sama ini diharapkan semakin memperluas jangkauan masyarakat untuk bisa mendapatkan vaksinasi,” ujar Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat sekaligus Ketua ILUNI UI, Endang Mariani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan melalui kerja sama itu diharapkan dapat memperluas jangkauan masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Pihaknya mengajak semua ikatan alumni perguruan tinggi untuk bersama-sama menganjurkan masyarakat segera mendapatkan vaksinasi.

“Segera vaksinasi, apapun merknya agar kekebalan kelompok bisa segera tercapai,” kata Endang.

Baca juga: Sentra vaksinasi Sinergi Sehat target vaksinasi 2.000 orang per hari

Kegiatan vaksinasi bersama ILUNI UI dan IA-ITB di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat berlangsung pada Kamis-Jumat (13-14/8) dengan menyasar ratusan lebih alumni ITB dan keluarga yang berdomisili di sekitar Jabodetabek.

Endang menjelaskan kolaborasi bersama IA-ITB tidak hanya selama dua hari saja. Kegiatan ini merupakan langkah awal dari kerja sama-kerja sama selanjutnya, antara ILUNI UI dan IA-ITB.

“Tidak hanya IA-ITB yang mengajak alumni ITB dan keluarganya untuk divaksinasi di Sinergi Sehat. ILUNI UI juga akan mendukung dan ikut di sentra vaksinasi IA-ITB dan juga daerah-daerah lainnya,” tambah dia.

Endang mengemukakan dalam waktu dekat ILUNI UI bersama IA-ITB menyusun rencana untuk mengadakan sentra vaksinasi di berbagai daerah lainnya.

“Setelah ini, rencananya kita akan mengadakan juga bersama IA-ITB sentra vaksinasi di Lampung, NTT, Kalbar, dan di tempat-tempat di mana kami punya ILUNI wilayah atau IA-ITB wilayah. Untuk waktunya masih belum ditentukan. Ada kemungkinan pada akhir tahun ini, sekitar September,” katanya.

Hingga 12 Agustus 2021, tercatat 10.110 pendaftar di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat, yang terdiri dari peserta minimal usia 12 tahun hingga lansia.

Baca juga: ILUNI UI berikan layanan vaksinasi bagi masyarakat

Saat ini, lanjut dia, mulai banyak permintaan vaksinasi di luar Jakarta, meski jika ditelusuri masih banyak warga Jakarta yang berada di sekitar sentra vaksinasi.

“Bagi yang tidak punya NIK masih belum bisa divaksinasi. Walaupun sudah ada surat edarannya, pada praktiknya belum bisa dilaksanakan. Kami sedang mengusahakan agar yang tidak punya NIK bisa dapat vaksin.Jadi, kami berharap ada petugas Dukcapil yang bisa duduk di sini, karena kami juga melayani peserta dari pemulung dan tuna wisma,” tutur Endang.

Sementara itu, Ketua Umum IA-ITB, Gembong Primadjaja mengapresiasi kerja sama yang dilakukan oleh ILUNI UI dan IA-ITB. Kerja sama yang dilakukan ILUNI UI dan IA-ITB dalam Program Vaksinasi Bersama ini merupakan bukti nyata upaya kedua ikatan alumni dalam membantu pemerintah melawan pandemi COVID-19.

“Saya sangat mengapresiasi program vaksinasi bersama ini. Sudah seharusnya seluruh kelompok masyarakat ikut melaksanakan aksi nyata untuk mewujudkan kekebalan kelompok. Mari bahu-membahu dan genggam erat persaudaraan kita, untuk melewati tantangan ini,” ajak Gembong.

Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat merupakan kolaborasi ILUNI UI bersama 10 rumah sakit ARVI, BAKTI Kominfo, Media Group, dan didukung Danone Indonesia yang melayani vaksinasi untuk masyarakat umum berusia minimal 12 tahun.

Baca juga: Ikatan Alumni ITB distribusikan tabung oksigen bagi pasien COVID-19

Baca juga: Pramono Anung berharap alumni ITB berkontribusi bagi pembangunan Indonesia


Vaksin pertama berlangsung hingga tanggal 18 Agustus, selanjutnya pemberian dosis kedua vaksin berlangsung dari 19 Agustus-15 September. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs sinergisehat.siapdok.id atau aplikasi SiapDOK.

Pendaftaran juga dapat dilakukan secara kolektif dengan mengisi formulir bit.ly/REGISTRASI-KOORD-SVSS maupun mengisi memberikan data peserta.

Pada 20-29 Agustus mendatang, IA-ITB akan mengadakan kegiatan Vaksinasi Ganesha yang berlokasi di Gedung SABUGA - ITB untuk 20.000 peserta, masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021