Seluruh fasilitas dan hewan di sini pun dalam kondisi aman
Labuan Bajo (ANTARA) - Polres Manggarai Barat memastikan fasilitas wisata di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat aman saat kebakaran terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, Sabtu (7/8).

"Kami memastikan tidak ditemukan titik api di lokasi ini. Seluruh fasilitas dan hewan di sini pun dalam kondisi aman," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo dalam keterangan yang diterima, di Labuan Bajo, Minggu.

Bambang menjelaskan, pemantauan di Pulau Komodo dilakukan bersama Kompi 4 Brimob Labuan Bajo, Lanal Labuan Bajo, Kodim 1612/Manggarai dan jajaran Pemda Manggarai Barat pada Sabtu malam sekitar pukul 23.07 WITA.

Dalam pantauan tersebut, tim gabungan melakukan pemeriksaan dan patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo.

"Kami melakukan pemeriksaan serta patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo, baik di wilayah selatan maupun timur. Kami tidak menemukan titik api di sekitar daerah itu," ujarnya pula.
Baca juga: BTNK pastikan tidak ada komodo di lokasi sabana yang terbakar


Kebakaran sabana terjadi tepatnya di Laju Pemali, bagian barat Pulau Komodo pada pukul 15.00 WITA.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang, luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Namun, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan.

Sementara itu, api telah berhasil dipadamkan pada Minggu, pukul 05.00 WITA. Pemadaman dilakukan oleh 41 personel Balai Taman Nasional Komodo.
Baca juga: BTNK kerahkan 41 personel padamkan api di sabana Laju Pemali
Baca juga: Sabana Laju Pemali di kawasan Taman Nasional Komodo terbakar

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021