... Kita membutuhkan transfer teknologi, pendanaan, dan peningkatan SDM yang bisa menangani soal iklim ini...
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim, menyinggung pernyataan Presiden AS Joe Biden terkait kemungkinan tenggelamnya Jakarta dalam 10 tahun akibat perubahan iklim.

Menurut LaNyalla, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, negara adidaya seperti Amerika Serikat seharusnya dapat memberikan solusi yang dapat ditawarkan untuk mencegah adanya krisis iklim yang dapat menyebabkan kejadian tersebut, alih-alih hanya fokus pada pernyataan terkait Jakarta itu.

Baca juga: Kenaikan muka air laut ancam pesisir Jakarta, Semarang, dan Demak

“Di bawah Presiden Joe Biden, kita belum melihat kejutan-kejutan positif dalam hubungan bilateral, kecuali pernyataannya yang menggemparkan itu. Kita justru minta solusinya apa, sebab untuk memindahkan ibukota ke Kalimantan bukan hal yang mudah," ujar LaNyalla.

Sebelumnya, Biden menyoroti perubahan iklim dan menyebut Jakarta berada di bawah ancaman kenaikan level permukaan air, dalam pidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat, pada 27 Juli lalu.

Baca juga: Jakarta siap berkolaborasi dengan London memperkuat ketahanan iklim

Terkait pernyataan LaNyalla, Kim menjelaskan, pernyataan Biden itu terkait dengan isu perubahan iklim, yang dilihat sebagai masalah besar bagi seluruh dunia.

“Perubahan iklim menjadi perhatian pemerintah Amerika Serikat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ini prioritas tinggi kami. Sehingga perlu kerja sama yang kuat dalam penanganannya," ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa utusan khusus Presiden Amerika Serikat untuk iklim, John Kerry, sangat fokus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian terkait di Indonesia dalam menangani permasalahan itu. 

Baca juga: Bahayanya pembangunan properti pesisir terhadap resapan air

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Gusti Farid Hasan Aman, meminta agar berbagai dukungan dari Amerika Serikat dapat dipercepat untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim.

"Kita membutuhkan transfer teknologi, pendanaan, dan peningkatan SDM yang bisa menangani soal iklim ini," ujar dia.

Baca juga: Anggota DPRD DKI minta pernyataan Joe Biden dijadikan masukan positif
 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021