Pekalongan (ANTARA News) - Hadiah Speedy "Tour d`Indonesia" (TDI) Etape V dari Semarang menuju Yogyakarta yang dibatalkan, disumbangkan kepada korban bencana Gunung Merapi di Perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Direktur Perlombaan Panny Tanjung di Pekalongan, Rabu, mengatakan, sebelum memutuskan memberikan sumbangan kepada korban, pihaknya telah melakukan koordinasi ke semua pihak termasuk dengan sponsor.

"Selain uang untuk membeli sembako, kami juga akan menyumbangkan produk-produk dari sponsor," katanya menjelang start Etape IV.

Menurut dia, total hadiah yang akan disumbangkan sebesar 6.510 dolar Amerika Serikat. Dan uang tersebut akan dibelikan sembako, selimut serta kebutuhan korban yang lain.

Selain itu, panitia juga menyumbangkan produk dari sponsor berupa minuman energi sebanyak 200 dus. Pemberian sumbangan itu akan diberikan langsung pada saat pelepasan seremonial Etate V di Semarang, Kamis (28/10).

Menanggapi rencana pemberian sumbangan kepada korban bencana Gunung Merapi, semua pembalap mengaku tidak mempermasalahkan. Hanya saja pembatalan Etape V yang sedikit disesalkan.

"Kami telah mempersiapkan diri selama dua bulan untuk Etape V ini. Saya memang membidik kemenangan di tanjakan Etape V. Tapi mau bagaimana lagi. Kondisinya tidak memungkinkan," kata pembalap Pengprov ISSI Yogyakarta, Nugroho Krisnanto.

Menurut dia, meningkatnya aktivitas Gunung Merapi merupakan kejadian alam. Jadi semuanya harus memahami. "Untuk itu memberikan bantuan sumbangan ini adalah hal yang paling baik," katanya.

Senada dikatakan pembalap United Bike Kencana Malang, Usman Ali. Menurut dia, sumbangan yang diberikan merupakan bagian dari amal yang harus diberikan bagi mereka yang membutuhkan bantuan.
(B016/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010