Jalasenastri TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja

Jalasenastri TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono saat meninjau vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja yang berusia 12 hingga 17 Tahun di Mako Koarmada I Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (2/8/2021). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada I

Jakarta (ANTARA) - Organisasi Istri Prajurit TNI AL Jalasenastri menggelar vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja yang berusia 12 hingga 17 Tahun di Mako Komando Armada (Koarmada) I Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Nisa A. Rasyid beserta pengurus inti PD Jalasenastri Armada I meninjau langsung kegiatan vaksinasi yang bekerja sama dengan Koarmada I tersebut.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini sasarannya adalah remaja berusia 12 sampai 17 tahun keluarga besar TNI AL serta masyarakat umum yang telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama, di mana vaksinasi ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Jalasenastri pada 27 Agustus 2021 nanti, serta dalam rangka Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli lalu,” ujar Ny. Vero Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, Jalasenastri juga telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis pertama ditempat ini pada awal Juli lalu. Adapun diselenggarakannya vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dikalangan generasi muda dengan mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity di tengah pandemi.

Baca juga: TNI AL sasar desa pesisir belum tersentuh vaksinasi

“Tujuan dari pelaksanaan vaksinasi ini sejalan dengan tema HUT ke-75 Jalasenastri, yaitu Jalasenastri Berperan Serta Mewujudkan Keluarga Yang Tangguh, Produktif dan Inovatif di masa pandemi COVID-19 Menuju Indonesia Maju,” lanjutnya.

NY Vero Yudo Margono juga mengatakan bahwa 25 orang tenaga medis serta vaksinator gabungan TNI AL dan Jalasenastri dikerahkan untuk mencapai target vaksinasi hari ini yang berjumlah sekitar 300 vaksin.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Jalasenastri juga memberikan bingkisan kepada para tenaga medis dan vaksinator sebagai bentuk ungkapan perhatian dan terimakasih atas kerja keras yang tak kenal lelah yang ditunjukkan selama melayani masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Di tempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengapresiasi apa yang dilakukan oleh organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri yang menggandeng Koarmada I untuk bersama-sama menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja.

Baca juga: TNI AL sosialisasikan prokes COVID-19 untuk masyarakat maritim Mimika

“Percepatan pemenuhan target vaksinasi nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ini menjadi tanggung jawab kita, semua komponen bangsa, sesuai kapasitas masing-masing, karena itu saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Jalasenastri dalam berperan serta menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 ini,” ujar KASAL Yudo Margono.

Sementara itu, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Koarmada I sebagai bagian integral dari TNI AL saat ini sedang gencar melaksanakan serbuan vaksinasi di seluruh jajaran Koarmada I. Seluruh lapisan masyarakat termasuk anak dan remaja menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Selain melaksanakan serbuan vaksinasi ke kantong-kantong pemukiman penduduk, Pangkalan serta Satuan TNI AL jajaran Koarmada I telah membuka layanan vaksinasi bagi masyarakat setiap jam kerja mulai hari Senin sampai Kamis, katanya.

“Saya telah instruksikan kepada seluruh jajaran Koarmada I dari Sabang hingga Cirebon yang memiliki fasilitas kesehatan berupa rumah sakit, balai pengobatan maupun balai kesehatan untuk memberikan layanan vaksinasi, sehingga memudahkan masyarakat setempat memperoleh vaksinasi COVID-19,” tegas Abdul Rasyid.

Baca juga: TNI AL akan berikan vaksin COVID-19 buat ABK langsung di atas kapal
Pewarta : Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021