Padang (ANTARA News) - Pascagempa yang terjadi di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat, jaringan Telkomsel terganggu.

"Sekitar 300 pelanggang Telkomsel di Kabupetan Mentawai tidak bisa menggunakan pesawat disebabkan kerusakan jaringan akibat gempa," kata Rahadio saat dihubungi dari Padang, Selasa (26/10).

Menurutnya, akibat gempa yang terjadi di Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai, warga tidak bisa menggunakan jaringan Telkomsel.

"Warga terpaksa menggunakan provider lainnya agar bisa untuk komunikasi dengan famili yang ada di Kota Padang," katanya.

Dia menambahkan, warga yang menggunakan provider lainnya bergantian untuk melakukan komunikasi dengan famili yang berada di Kota Padang.

"Beruntunglah ada warga yang mengunakan provider lainya, sehingga kepanikan warga di Kabupaten Mentawai untuk komunikasi bisa teratasi," katanya.

Ketika wartawan menghubungi Ayu salah seorang pegawi Telkomsel Sumbar, mengatakan, dirinya tidak tahu apa yang terjadi terhadap jaringan Telkomsel di Kabupaten Mentawai tidak bisa akses akibat gempa.

"Saya berada di Batam, coba saja hubungi Hadi Public Relations Telkomsel Sumbar," katanya.

Hadi Public Relations Telkomsel Sumbar, tidak dapat dihubungi saat dikonfirmasikan kenapa jaringan Telkomsel yang berada di Kabupaten Mentawai tidak bisa akse akibat gempa.

Gempa susulan terus saja berlanjut yang terjadi di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Berdasarkan data BMKG, gempa bumi pertama kali dengan kekuatan 7,2 SR pada pukul 21.42 WIB, terjadi di 3,61 Lintang Selatan dan 99.93 Bujur Timut

Pusat gempa tersebut berada pada 78 kilometer (km) Barat Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, dengan kedalaman 10 km.

Selang beberapa waktu kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan 5,5 SR pada 3,55 Lintang Selatan, 99,70 Bujur Timur, kedalam 22 km, berpusat 89 km Barat Daya Kecamatan pagai Selata, Kabupaten Mentawai.

Gempa ketiga yang mengguncang Kabupaten Mentawai terjadi sekitar pukul 22.31 WIB, dengan kekuatan 5,0 SR. Pusat gempa pada 3,32 Lintang Selatan, 99,96 Bujur Timur dengan kedalam 34 Km, atau 51 Km Barat Daya Kecamatan Pagai Selatan, Kebupaten Mentawai.

Gempa susulan keempat terjadi sekitar pukul 22.55 WIB dengan kekuatan 5,0 SR berlokasi di 3,55 Lintang Selatan, 99,61 bujur timur kedalam 39 km, berpusat di 97 km Barat Daya, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai. (ANT-031/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010