Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof Dr Agussani melepas mahasiswa Fakultas Kedokteran yang  lolos dalam Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) ke Irlandia.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani di Medan, Minggu, mengaku bangga sekaligus bersyukur melepas mahasiswa terbaik dari FK-UMSU yang lolos seleksi IISMA ke Irlandia.

Baca juga: 210 mahasiswa UMSU lolos seleksi Program Kampus Mengajar

Shofia menjadi satu-satunya mahasiswa asal Sumatera Utara yang dinyatakan lulus seleksi program IISMA

"Ini menjadi hasil terbaik dan menjadi contoh bagi mahasiswa UMSU lainnya bahwa mereka tidak kalah untuk berkompetisi dengan mahasiswa PTN/PTS terbaik di Tanah Air," katanya.

Rektor UMSU berharap Shofia dapat menjadi duta bangsa dan mampu memberi citra terbaik Indonesia di tengah pergaulan internasional.

"Sebagai mahasiswa UMSU yang dibekali karakter Al Islam dan Kemuhammadiyahan, saya yakin Shofia bisa membawa nama baik kampus sekaligus nama baik Indonesia dalam aktivitas belajar dan pergaulan internasional," katanya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Rektor I UMSU Prof Dr Muhammad Arifin bahwa Shofia menjadi satu-satunya mahasiswa asal Sumatera Utara yang lolos dari sebuah proses seleksi Program IISMA yang sangat ketat.

Baca juga: Menko PMK ajak tokoh agama kampanyekan pentingnya membendung COVID-19

Baca juga: UMSU digandeng Kemenkes vaksinasi sivitas dan tokoh lintas agama


Pendampingan yang dilakukan UMSU dan tekad yang kuat dari mahasiswa menjadi kunci sukses untuk lolos seleksi ini.
"Mengikuti proses tes program IISMA dan kemudian meloloskan Shofia terasa sangat prestisius," katanya.

Sementara itu, Dekan FK UMSU Prof Dr Gusbakti Rusip berharap Shofia selain dapat mengikuti kuliah satu semester di Irlandai, juga masih dapat mengikuti perkuliahan secara daring dari Indonesia.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021