Gresik siapkan ratusan vaksinator jelang vaksinasi massal Agustus 2021

Gresik siapkan ratusan vaksinator jelang vaksinasi massal Agustus 2021

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani. ANTARA/HO-Pemkab Gresik.

Gresik, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jatim akan menyiapkan ratusan vaksinator menjelang vaksinasi massal yang dilakukan di wilayah itu pada Agustus 2021, tujuannya untuk mempercepat kekebalan komunal hingga 70 persen.

“Sekitar Agustus dan September 2021 akan ada droping vaksin dalam jumlah besar dari pemerintah pusat. Dengan demikian, kami sudah mempersiapkan tenaga, sarana dan prasarana untuk vaksinasi massal saat itu," kata Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani di Gresik, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Gresik terus membuka lowongan dan pelatihan bagi relawan. Dan kini, sudah terdaftar 140 orang relawan tenaga kesehatan untuk menjadi vaksinator.

Baca juga: Pemkab Gresik ubah tiga mobil dinas jadi ambulans darurat

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Gresik mengarah ke varian Delta


"Pelatihan vaksinator ini menyasar kepada para relawan tenaga kesehatan yang baru saja direkrut. Mereka, selain para dokter dan perawat juga ada bidan, apoteker dan mahasiswa kesehatan yang masih duduk pada semester akhir di Fakultas Kesehatan," kata Gus Yani, panggilan akrab Fandi Akhmad Yani.

Gus Yani berharap setelah vaksinasi massal, target 70 persen kekebalan tubuh masyarakat Gresik tercapai.

"Kami bangga terhadap masyarakat Gresik, karena animonya sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Bahkan beberapa saat sampai kehabisan vaksin," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Gresik juga mendorong sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah itu melakukan vaksinasi dengan skema vaksinasi gotong royong, untuk tujuan yang sama yakni mempercepat kekebalan komunal hingga 70 persen.

"Ini merupakan bentuk ikhtiar besar dalam upaya menanggulangi wabah pandemi COVID-19. Kami harapkan vaksinasi gotong royong dilakukan di semua perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik," kata Gus Yani.

Baca juga: Pemprov Jatim dorong langkah percepatan vaksinasi

Baca juga: Sopir angkutan umum di Gresik divaksinasi COVID-19

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021