Jakarta (ANTARA) -
Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya menekan kasus COVID-19 di Tanah Air dengan mengerahkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melakukan "tracer" digital.
 
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan hal itu saat menyerahkan laptop secara simbolis kepada Babinsa TNI AD, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL, dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) TNI AU, yang akan melaksanakan tugas sebagai tenaga Tracer Digital COVID-19, di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.
 
Di hadapan para Babinsa, Panglima TNI menyampaikan bahwa laptop itu merupakan peralatan yang harus digunakan dan harus dikuasai karena ini adalah senjatanya para Babinsa, Babinpotdirga, dan Babinpotmar.

Baca juga: 63.000 prajurit TNI dikerahkan jadi "tracer" kontak erat COVID-19

Menurut dia, penguasaan teknologi penting dipegang oleh para Babinsa untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.
 
"Oleh karena itu,  para Babinsa, Babinpotdirga, dan Babinpotmar diberikan pelatihan sebagai tenaga tracer digital," katanya dalam siaran persnya.

Selama ini para Babinsa TNI AD, AL, dan AU melaksanakan tracer lapangan, namun hasilnya tidak masif. Oleh karena itu, saat ini TNI akan menggunakan dua strategi, yaitu tracer lapangan dan tracer digital.
 
Mantan Irjen Kementerian Pertahanan ini menjelaskan, para Babinsa yang menjadi tenaga tracer akan melakukan wawancara kepada warga yang diduga menjalin kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Tracer digital nantinya akan melaksanakan wawancara melalui WhatsApp (WA) atau telepon dengan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan, namun apabila ada kendala maka tenaga tracer lapangan akan bergerak menuju sasaran, yaitu masyarakat yang dikonfirmasi masuk pada tracing kontak erat," paparnya.

Baca juga: Panglima: TNI-Polri bantu lacak kontak pasien COVID-19 di perkampungan
 
Data hasil wawancara kemudian akan dicatat dalam sebuah formulir yang telah disiapkan.
 
Selanjutnya, para Babinsa yang menjadi tenaga tracer akan berkoordinasi dengan puskesmas untuk melaksanakan tindakan berikutnya, yaitu melaksanakan "entry test" dengan antigen untuk mengetahui apakah masyarakat tersebut menunjukkan gejala reaktif atau tidak.

Pekerjaan para Babinsa sebagai tenaga tracer digital ini, kata dia, sangat penting dalam memutus birokrasi yang begitu panjang harus ke lapangan.
 
"Para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga merupakan garda terdepan yang harus mampu untuk melaksanakan upaya memitigasi atau memotong rantai penularan sampai angka paling rendah," tutur mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini.

Baca juga: Panglima TNI sambangi pasien COVID-19 di fasilitas isolasi Semarang
 
Panglima TNI berharap pekan depan para tenaga tracer digital dan tracer lapangan dari TNI sudah dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menekan kasus COVID-19.
 
"Saya sampaikan bahwa menjadi tenaga tracer digital dan tracer lapangan adalah tugas mulia yang diberikan oleh pemerintah bagi para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di luar tugas rutin seperti pembagian sembako dan melaksanakan penegakan protokol kesehatan," demikian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021