Sudin Bina Marga Jakbar bantu salurkan tabung oksigen ke rumah sakit

Sudin Bina Marga Jakbar bantu salurkan tabung oksigen ke rumah sakit

Sejumlah petugas menurunkan tabung oksigen dari truk di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (5/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan posko tersebut untuk memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit, melalui penyediaan tambahan tabung, isi ulang, dan distribusi tabung oksigen seiring masih tingginya kasus COVID-19 di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pri.

Jakarta (ANTARA) - Pegawai Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat membantu mengantarkan tabung oksigen ke setiap rumah sakit guna menangani pasien COVID-19 di wilayah Jakarta selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kegiatan itu dilakukan oleh petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat atau yang biasa disebut pasukan kuning di wilayah DKI Jakarta pada beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Keberadaan PKL rusak jalur sepeda di Kembangan

"Kalau pendistribusian tabung sudah satu bulan ini. Jadi dari setiap wilayah tuh bantu distribusi tabung," kata Kepala Seksi Jalan Jembatan dan Kelengkapan Jalan Sudin Bina Marga Jakarta Barat Benny Situmorang saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Dalam satu hari, Lanjut Benny, petugas Sudin Binas Marga bisa mengantarkan tabung oksigen ke seluruh rumah sakit di wilayah DKI Jakarta.

Benny bahkan mengaku petugas bisa bekerja empat shift dalam satu hari untuk mendistribusikan tabung oksigen ke rumah sakit.

"Jadi per shift itu sekali berangkat sekitar empat sampai tujuh orang per shift. Jadi kan bisa ganti-gantian itu. Perhari bisa 20 orang lebih yang bertugas," tutur Benny.

Benny menjelaskan alur pendistribusian dari Unit Perbekalan dan Peralatan Dinas Bina Marga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan lokasi pengiriman tabung oksigen.

Setelah itu, Unit Perbekalan dan Peralatan Dinas Bina Marga mengarahkan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat untuk mengantarkan tabung oksigen ke beberapa rumah sakit.

Baca juga: Pemkot Jakbar bangun ulang JPO jembatan gantung

"Kita distribusi kadang di rumah sakit Duren Sawit, kadang di rumah sakit Kramat Jati, kadang di rumah sakit Kalideres, tergantung permintaan," ucap Benny.

Namun demikian, pihaknya tidak lupa menjalankan tugas utamanya, yakni melakukan pembenahan infrastruktur dan fasilitas umum.

Pihaknya tetap melakukan perbaikan jalan namun tidak sebanyak saat pembenahan sebelum PPKM.

Yang paling baru, Sudin Bina Marga Jakarta Barat baru saja memperbaiki Jalan Daan Mogot, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Kebanyakan jalan lingkungan yang kita perbaiki," tutur Benny.

Benny memastikan pihaknya selalu sigap melayani rumah sakit yang membutuhkan tabung oksigen. Dia berharap, bantuan dari Sudin Bina Marga Jakarta Barat bisa meringankan kinerja tenaga kesehatan.

Baca juga: MRT gandeng WeCare bantu tabung oksigen gratis bagi pasien COVID-19
Pewarta : Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021